Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Ungkap Mengapa Ponsel Galaxy Dapat Android 13 Lebih Cepat

Kompas.com - 22/11/2022, 14:22 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun ini, Samsung terbilang menjadi vendor ponsel yang berhasil mendistribusikan sistem operasi terbaru Android 13 lebih cepat ke pengguna.

Hal itu dimungkinkan karena Samsung sudah mulai mendistribusikan pembaruan antarmuka (update user interface/UI) OneUI 5.0 yang didesain berbasis Android 13 versi stabil sejak 24 Oktober lalu.

Sebagai perbandingan, distribusi update OneUI 5.0 ini lebih cepat dibanding antarmuka versi sebelumnya, yaitu OneUI 4.0. Tahun lalu, OneUI 4.0 berbasis Android 12 baru mulai disebar pada November 2021.

Kebanyakan vendor ponsel juga baru mulai menggelontorkan pembaruan antarmuka yang berbasis Android 13 pada bulan November 2022. Namun, Samsung berhasil "mencuri start" dengan meluncurkan OneUI 5.0 berbasis Android 13 versi stabil lebih awal di bulan Oktober 2022.

Baca juga: Ini Dia Ponsel Pertama Bikinan Samsung yang Meluncur Tahun 80-an

Samsung pun buka-bukaan soal alasan pihaknya bisa menghadirkan update OneUI 5.0 berbasis Android 13 lebih cepat ke pengguna dalam acara diskusi Roundtable OneUI secara virtual, hari ini, Selasa (22/11/2022) siang.

Menurut Samsung, alasan Android 13 lebih cepat ke pengguna adalah karena kolaborasi Samsung dengan Google sebagai pengembang OS Android.

"Sejak peluncuran perangkat ponsel lipat Galaxy Z Flip/Fold 4 pada Agustus lalu, kami telah melakukan kolaborasi engineering yang mendalam dengan Google," ungkap Sally Jeong, Head of Framework R&D, Mobile eXperience Business Samsung Electronics.

Dari kolaborasi tersebut, Samsung bisa melihat lebih awal fitur-fitur Android apa saja yang sekiranya bakal disertakan lewat update OneUI 5.0.

Lewat kolaborasi dengan Google tersebut, Samsung bisa menanggulangi sejumlah tantangan yang biasa dihadapi ketika mendesain antarmuka dengan sistem operasi baru. Sebut saja seperti material user interface dan tema.

"Kami juga mencoba mengurangi ketergantungan add-on OS sehingga memungkinkan untuk mempercepat seluruh proses mendesain dan mendistribusikan (antarmuka) kami yang baru," kata Jeong.

Baca juga: Samsung OneUI 5.0 Mulai Disebar, Ini Jadwal dan Daftar Ponsel yang Kebagian Lebih Awal

Jeong menambahkan, Samsung punya standar tersendiri untuk memilih fitur Android 13 mana saja yang bakal disertakan ke OneUI 5.0.

"Kami mencari fitur yang memiliki identitas yang konsisten dengan OneUI. Kami tidak bakal membawa fitur yang serupa dengan yang sudah kami miliki," kata Jeong.

Jeong mengatakan bahwa update OneUI 5.0 perfokus pada personalisasi. Pada saat yang sama, Samsung juga berusaha mengoptimalisasi aplikasi yang dibawa OneUI 5.0 ini agar tidak terlalu membebani memori perangkat (ROM maupun RAM).

Fitur baru OneUI 5.0

One UI 5.0 menawarkan pengalaman yang bisa disesuaikan (custom) sepenuhnya oleh pengguna. Beberapa fitur baru yang diboyong oleh One UI 5.0 yaitu gaya jam baru, pop up notifikasi yang berbeda dengan UI sebelumnya hingga kemampuan untuk memotong video dan memasangnya di lock screen (layar kunci).

Dengan pembaruan ini, pengguna ponsel Samsung bakal menikmati sejumlah fitur baru, termasuk serangkaian opsi tema warna yang lebih banyak, opsi menggabungkan widget untuk menghemat ruang di layar, kontrol baru untuk memblokir notifikasi dari aplikasi tertentu, dan pengalaman mode Samsung Dex yang ditingkatkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com