Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia T21 Resmi di Indonesia, Tablet 10 Inci Harga Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 22/11/2022, 16:07 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - HMD Global, selaku pemegang lisensi Nokia, memboyong tablet terbarunya, yaitu Nokia T21 ke Indonesia, Selasa (22/11/2022). Perangkat ini sudah lebih dulu dirilis secara global pada September lalu.

Tablet Nokia T21 dirilis bersamaan dengan duo Nokia C Series yakni Nokia C21 Plus dan Nokia C31 di Event Gallery Alila SCBD, Jakarta Selatan. Tablet Nokia T21 sendiri hadir dengan sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya, T20.

Tablet Nokia T21 diklaim memiliki daya tahan yang lebih kuat. Menurut Senior Product Manager HMD Global, Juha Werkalla, tablet Nokia T21 sudah melewat rangkaian pengujian ketahanan, seperti dijatuhkan berkali-kali.

"Sama seperti (ponsel) C-series, tablet ini juga melewati beberapa rangkaian uji ketahanan," ujar Juha saat menjelaskan keunggulan perangkat, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: 4 Tablet Android Murah di Indonesia, Harga Rp 2-3 Jutaan

Selain itu, Nokia T21 juga mendukung pen digital, yakni Wacom WGP. Pena digital tersebut dapat digunakan untuk beragam aktivitas seperti membuat gambar, desain, dan sebagainya.

"Nokia T12 juga mendukung pen digital seperti Wacom WGP pen untuk meningkatkan kreatifitas pengguna," imbuh Juha.

Spesifikasi tablet Nokia T21 di Indonesia

Dari segi desain, perangkat ini dirancang dengan tampilan yang lebih segar dari pendahulunya. Bagian punggung perangkat terdapat dua warna yang berbeda, yaitu perpaduan antara warna abu-abu muda dan abu-abu tua.

Masih di bagian punggung, tablet tersebut juga dibekali kamera beresolusi 8 MP yang dibenamkan ke dalam modul berbentuk persegi. Kamera belakang mendukung fitur Auto Focus dan disertai lampu LED.

Tablet Nokia T12 hadir dengan tampilan dan desain yang lebih segar karena dipadukan dengan dua warna yang berbeda, yaitu perpaduan warna abu muda dan abu tua.  Perangkat juga dibekali kamera belakang 8 MP yang disertai lampu LEDKOMPAS.com/Caroline Saskia Tablet Nokia T12 hadir dengan tampilan dan desain yang lebih segar karena dipadukan dengan dua warna yang berbeda, yaitu perpaduan warna abu muda dan abu tua. Perangkat juga dibekali kamera belakang 8 MP yang disertai lampu LED
Sementara pada bagian layar depan, Nokia T21 dibekali layar IPS LCD seluas 10,4 inci yang menawarkan resolusi 2K (1.200x2.000 piksel). Rasio layar ke bodi sebesar 79,1 persen, lebih luas dibanding pendahulunya T20, yaitu 78,9 persen.

Layar tablet juga turut dibekali kamera depan beresolusi 8 MP yang dapat digunakan untuk videocall atau telekonferensi secara online.

Di lembar spesifikasi, Nokia T21 mengandalkan chipset Unisoc T612 yang terdiri dari delapan inti. Dua inti pertama terdiri dari Cortex A-75, sedangkan enam inti lainnya terdiri dari Cortex A-55 yang menawarkan kecepatan 1.8 GHz.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan seluas 64 GB. Kapasitas penyimpanan bisa diperbesar hingga 512 GB melalui slot micro SD yang tersedia.

Untuk aspek software-nya, tablet tersebut menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang menjamin dua tahun pembaruan OS dan tiga tahun pembaruan keamanan.

Baca juga: Pasar PC dan Tablet Diprediksi Makin Lesu, Inflasi Penyebabnya

Baterai Nokia T21 berkapasitas 8.200 mAh yang mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 18 watt.

Fitur pendukung lainnya antara lain stereo speakers, OZO Playback, sistem keamanan perangkat dengan pemindai biometrik wajah, dan mengantongi sertifikasi IP52 (tahan debu dan cipratan air).

Perangkat juga dibekali fitur Google kids space dan entertainment space sehingga cocok digunakan untuk anak-anak, serta dapat dijadikan layar sekunder untuk komputer (PC)

Harga tablet Nokia T21 di Indonesia

Dengan ukuran bodi 247,5 x 157,3 x 7.5 mm dan bobot seberat 465,5 gram, tablet ini tersedia dalam satu varian warna saja, yaitu Charcoal Grey.

Tablet Nokia T21 baru akan tersedia secara resmi pada awal Desember dengan harga Rp 3.299.000 untuk varian 4 GB/64 GB.

Pembelian perangkat tersedia di toko offline maupun online di marketplace rekanan HMD Global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com