Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Nonton Piala Dunia 2022 di TV Perlu Langganan Paket dan Koneksi Internet?

Kompas.com - 22/11/2022, 19:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Piala Dunia 2022 (World Cup 2022) di Qatar telah berlangsung sejak 20 November lalu. Di Piala Dunia kali ini, terdapat 32 tim negara yang bertanding. Pertandingan dijadwalkan berakhir pada babak final perebutan juara di 18 Desember mendatang.

Bila hendak mengikuti, lantas Piala Dunia 2022 bisa ditonton di mana? Setidaknya terdapat dua wadah yang bisa dimanfaatkan untuk Nonton Piala Dunia 2022, yakni perangkat TV (televisi) dan platform streaming Vidio.

Baca juga: Cara Cek Jadwal dan Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 lewat Aplikasi dan Website

Untuk nonton Piala Dunia 2022 di Vidio, pengguna perlu berlangganan paket terlebih dahulu dan membutuhkan koneksi internet. Cara streaming Piala Dunia 2022 di Vidio bisa dibaca lebih lanjut pada artikel ini “Cara Streaming Piala Dunia 2022 di Vidio”.

Bila di Vidio perlu langganan dan koneksi internet, lantas bagaimana dengan di TV? Apakah nonton Piala Dunia 2022 di TV gratis atau berbayar juga? Nonton Piala Dunia 2022 di TV pada dasarnya gratis.

Piala Dunia 2022 tayang di Indonesia lewat channel TV pemegang hak siar resmi dari EMTEK Group yang terdiri dari SCTV, Indosiar, Mentari TV, dan Moji. Keempat channel Piala Dunia 2022 itu menayangkan pertandingan melalui siaran digital dan Free-to-Air.

Adapun maksud dari Free-to-Air adalah tayangan disiarkan secara gratis dari penyiar atau channel TV. Oleh karena itu, akses tontonan Piala Dunia 2022 di TV tidak membutuhkan biaya langganan seperti pada platform streaming Vidio.

Kemudian, pengguna juga tidak perlu memiliki koneksi internet bila hendak nonton Piala Dunia 2022 di TV. Jadi, menonton pertandingan Piala Dunia 2022 di TV sama halnya menonton program lain yang dapat dilakukan tanpa butuh koneksi internet.

Cara nonton Piala Dunia 2022 di TV

Ilustrasi cara mencari siaran TV digital.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Ilustrasi cara mencari siaran TV digital.

Lantas, bagaimana cara nonton Piala Dunia 2022 di TV? Pertama, pengguna bisa memakai perangkat TV digital yang telah didukung fitur bawaan DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Secong Generation Terrestrial).

Kedua, bisa pula memakai perangkat TV analog biasa, seperti TV tabung, dengan syarat harus dipasangkan perangkat tambahan STB (Set Top Box). STB berfungsi untuk menerima dan mengonversi tayangan digital Piala Dunia 2022 agar muncul di TV analog.

Baik memakai TV digital maupun TV analog dengan STB, pengguna tetap membutuhkan antena penangkap sinyal. Bila telah memiliki perangkat tersebut, pencarian channel Piala Dunia 2022 bisa segera dilakukan.

Pencarian siaran digital, baik di perangkat TV digital maupun TV analog dengan STB, caranya hampir sama. Pertama, buka menu pengaturan TV atau pengaturan STB. Lalu, buka opsi pengaturan channel atau pengaturan broadcasting.

Baca juga: Daftar Channel TV dan Platform Streaming Resmi untuk Nonton Piala Dunia 2022

Selanjutnya, klik opsi bertajuk “Auto Scan”, “Auto Tuning” atau “Pencarian otomatis”. Setelah mengetuk opsi itu, perangkat TV digital maupun STB bakal mencari siaran digital. Tunggu hingga pencarian selesai 100 persen dan daftar channel siaran digital bakal muncul.

Dari daftar channel siaran digital yang tersedia, pastikan di dalamnya terdapat channel SCTV, Indosiar, Mentari TV, dan Moji untuk nonton Piala Dunia 2022. Bila salah satu atau semua channel tersebut tak muncul, coba untuk cek jangkauan sinyalnya di wilayah domisili.

Cek jangkauan sinyal siaran digital di wilayah domisili

Cara cek jangkauan sinyal TV Digital lewat aplikasi SinyalTVDigital.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara cek jangkauan sinyal TV Digital lewat aplikasi SinyalTVDigital.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com