Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Baru, Twitch Blokir Akun Pengguna Usia di Bawah 13 Tahun

Kompas.com - 24/11/2022, 11:28 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber PC Gamer

KOMPAS.com - Platform streaming Twitch baru-baru ini memperbarui kebijakan atau regulasi penggunaan platform mereka.

Dalam kebijakan terbaru itu, disebutkan bahwa akun Twitch yang terdeteksi dimiliki oleh pengguna berusia di bawah 13 tahun, akan langsung diblokir.

Selain itu, Twitch juga tidak akan mengizinkan mereka yang sudah terblokir untuk membuat akun baru di platform tersebut.

Menurut Twitch, kebijakan baru ini dibuat untuk mencegah para predator anak melihat konten-konten anak kecil di Twitch.

Kebijakan ini juga diterapkan demi mengurangi kasus yang melibatkan pedofilia, alias kelainan seksual yang menjadikan anak-anak sebagai obyek seksual, di platform streaming tersebut.

Baca juga: Kabar Buruk dari Twitch, Bagi Hasil untuk Streamer Diturunkan Jadi 50:50

Selain memblokir akun pengguna yang berumur di bawah 13 tahun, Twitch juga bakal menerapkan sistem verifikasi baru melalui smartphone.

Verifikasi ponsel ini diterapkan sebagai salah satu syarat wajib yang perlu dipenuhi seorang pengguna ketika mereka hendak melakukan siaran langsung (livestream).

Dengan begitu, Twitch bisa mengetahui apakah orang tersebut merupakan pengguna di bawah 13 tahun atau bukan.

Di samping mendeteksi, memblokir, dan melakukan verifikasi, Twitch juga bakal memperkuat sistem pelaporan dan moderasi konten yang beredar di platform mereka menggunakan para ahli dan teknologi terkini.

Hal ini tentunya untuk merespons dengan cepat berbagai laporan yang masuk terkait akun yang dimiliki oleh pengguna di bawah 13 tahun.

Ketika laporan masuk dan akun tersebut terbukti dimiliki pengguna di bawah 13 tahun, maka akun itu tentunya bisa langsung diblokir dengan cepat.

Twitch jadi sarang predator anak

Ilustrasi Twitch.The Verge/ William Joel Ilustrasi Twitch.
Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PCGamer, Kamis (24/11/2022), upaya Twitch memerangi pedofilia dengan memblokir akun di bawah 13 tahun diterapkan usai banyaknya laporan yang mengeklaim bahwa Twitch merupakan sarang predator anak.

Bahkan menurut laporan Bloomberg pada September lalu, ada lebih dari 1.900 akun yang terpantau mengikuti banyak akun anak-anak yang berusia di bawah 13 tahun di Twitch.

Konon, ribuan akun yang dimiliki oleh pengguna dewasa ini, menonton banyak konten livestream anak-anak selama berjam-jam, serta menyuruh anak-anak yang mereka tonton untuk melakukan berbagai tantangan melalui kolom komentar.

Baca juga: Cara Download dan Menyimpan Video Live Streaming di Twitch

Ketika laporan ini mencuat ke publik, Twitch mengatakan bahwa pihaknya akan segera menerapkan kebijakan untuk memblokir akun milik pengguna di bawah 13 tahun.

Twitch mengaku bahwa mencegah anak di bawah 13 tahun untuk main di Twitch, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Namun, mereka mengatakan bahwa pihaknya bakal terus berupaya memerangi pedofilia dengan cara apapun, supaya Twitch bersih dari para pedofil dan aman bagi semua orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC Gamer
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com