Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata YTTA yang Tengah Ramai di Media Sosial Belakangan

Kompas.com - 24/11/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Kosakata bahasa gaul di media sosial, seperti Twitter dan TikTok, tak terhitung lagi jumlahnya. Salah satu kata bahasa gaul yang akhir-akhir ini kerap digunakan adalah “YTTA”. Sebagian dari Anda mungkin juga sempat menjumpai kata tersebut.

Bila dilihat dari kebiasaan pengguna di media sosial, kata YTTA umumnya dipakai untuk mengungkapkan sesuatu hal atau peristiwa khusus yang hanya diketahui oleh beberapa orang. Contoh penggunaan kata YTTA bisa dilihat di Twitter.

Baca juga: Arti Kata STSBKK, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Twitter

Misalnya, twit yang diunggah oleh akun dengan handle @creamieroses, sebagaimana tertera di bawah ini. Pada twit tersebut, kata YTTA dipakai untuk menegaskan pengertian sebuah hal yang menurutnya hanya diketahui oleh beberapa orang saja.

Tak hanya Twitter, kata YTTA juga marak dipakai di TikTok. Contohnya, seperti video TikTok yang diunggah oleh akun dengan handle @igreela_. Di unggahan itu, kata YTTA dipakai sebagai caption yang seolah mewakilkan isi pernyataan khusus dalam video.

@igreela_ #ytta ? original sound - Lalaa Tntcll

Selain dua contoh diatas, masih bisa dijumpai banyak lagi contoh penggunaan kata YTTA untuk mengungkapkan sebuah hal khusus yang diketahui oleh beberapa orang saja itu. Kendati mungkin mudah dijumpai, namun YTTA itu artinya apa?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai arti YTTA yang kerap dipakai di media sosial belakangan, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Arti YTTA

Arti YTTA sebetulnya dapat ditemukan dengan mudah di media sosial. Beberapa pengguna di media sosial, ada yang memberikan penjelasan mengenai arti dari salah satu kata bahasa gaul tersebut.

Berdasar pantauan KompasTekno di media sosial, YTTA sejatinya masih merupakan kata dalam bahasa Indonesia yang kerap dipakai sehari-hari. Namun, YTTA bukanlah kata tunggal, melainkan singkatan atau akronim dari beberapa kata.

Jadi, YTTA adalah singkatan dari “Yang Tau-Tau Aja”. Dengan kepanjangan tersebut, arti YTTA dapat merujuk kepada subjek khusus atau orang-orang tertentu yang telah mengetahui tentang sesuatu hal.

Arti YTTA mungkin sedikit membingungkan apabila tidak mengetahui kepanjangannya. Dari arti YTTA itu, tak heran bila kata ini kerap dipakai pengguna untuk mengungkapkan hal khusus yang hanya diketahui oleh beberapa orang.

Kadang kata YTTA juga dipakai untuk menyindir orang lain yang tidak mengetahui atau tidak memiliki informasi mengenai sesuatu hal. Kata YTTA seakan dapat digunakan untuk membedakan orang yang tahu dengan orang yang tidak tahu atas suatu pembicaraan.

Saat ini, arti YTTA tampaknya telah berkembang, tidak hanya singkatan dari "Yang Tau-Tau Aja". Terdapat beberapa pengguna yang memelesetkan "Yang Tau-Tau Aja" menjadi seperti  "Yang Toxic-Toxic Aja", "Yang Twitter-Twitter Aja", dan sebagainya.

Baca juga: Arti Kata “Fear Mongering” yang Sering Dipakai di Twitter Belakangan

Demikianlah penjelasan lengkap seputar arti YTTA yang ramai digunakan di media sosial akhir-akhir ini, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com