Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Jepretan iPhone 3GS Disukai Banyak TikTokers

Kompas.com - 05/12/2022, 09:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro menjadi ponsel terbaru Apple dengan kamera 48 MP. Biasanya, kamera iPhone termasuk iPhone generasi terbaru diandalkan para kreator untuk membuat konten karena kualitasnya yang tajam.

Namun, belakangan muncul fenomena baru. Sejumlah "seleb tiktok" generasi Z justru memamerkan konten yang diabadikan dengan ponsel lawas iPhone 3GS.

iPhone 3GS merupakan iPhone lawas yang dirilis Apple pada 2009. Ponsel ini hanya menawarkan kamera 3 MP. Resolusinya jelas jauh lebih kecil dibanding duo iPhone 14 Pro maupun iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

Meski resolusinya kecil, sejumlah influencer memamerkan kebolehan kamera iPhone 3GS di media sosial termasuk Instagram dan TikTok.

Baca juga: iPhone 3GS Kembali Dijual, Harga Rp 500.000-an

Nicola Peltz Beckham misalnya, membagikan potret yang diabadikan dengan iPhone 3GS di akun Instagramnya dengan handle nicolaannepeltzbeckham.

Selebgram dengan 2,7 juta pengikut itu mengunggah sejumlah foto di Instagram. Salah satu fotonya juga menunjukkan bahwa ia mengabadikan momen tersebut dengan iPhone 3GS.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ???????????????????????? (@nicolaannepeltzbeckham)

Sementara itu di TikTok, influencer teknologi Daniel Sin membandingkan kamera iPhone 3GS dengan iPhone 14 Pro.

Konten perbandingan ini bahkan tayang hingga jutaan kali. Warganet yang mengomentari konten itu juga menunjukkan ketertarikan pada ponsel lawas Apple tersebut. Mereka bahkan menilai kualitas kamera iPhone 3GS tidak kalah dengan iPhone 14 Pro.

@danielsinfilms Let’s see how video used to look like on the iPhone 3GS back in 2009 compared to today! #iphone14 #iphone14pro #iphone #apple #iphone3gs #pastfromtheblast #past #2009 #pastvspresent #cameracomparison #cameratest #cameratesting #nyc #newyork #timessquare #timesquare #timesquarenyc ? Falling Angel - HCTM

Warganet lainnya merasa terkesan dengan hasil jepretan iPhone 3GS karena bernuansa vintage. Ada pula yang berkata akan membeli iPhone 3GS untuk membuat konten yang estetik.

Baca juga: Viral di TikTok Filter Suara Perempuan “Wulan”, Begini Cara Menggunakannya

Selain Daniel Sin, influencer teknologi TechnoStrefa juga membandingkan kamera iPhone 3GS dengan iPhone 13 Pro.

Serupa dengan perbandingan sebelumnya, mayoritas TikTokers - sebutan pengguna TikTok, tampak terkesan dengan kamera iPhone lawas itu dan mengatakan bahwa iPhone 3GS mengalahkan iPhone 13 Pro.

@technostrefa Widzicie ró?nic? w iPhone 13 Pro ???? iPhone 3GS (2009) #iphone ? NO SNITCHING (with Dusty Locane) - Lil Mabu & DUSTY LOCANE

Popularitas iPhone 3GS terus meningkat di TikTok, hingga tanda pagar (tagar/hastag) #iphone3gs banyak dipakai pengguna. Tagar ini bahkan menuai puluhan juta kali tontonan di TikTok.

Gen Z suka nuansa klasik

Tak hanya saat ini ketika popularitas iPhone 3GS mencuat, dalam beberapa tahun terakhir selera generasi Z memang tampak menyukai konsep nostalgia dengan memakai teknologi kamera lawas untuk mendapatkan inspirasi.

PetaPixel belum lama ini juga melaporkan bahwa kamera digital yang rilis tahun 2000-an kembali populer di media sosial.

Baca juga: iPhone 14 Pro Diramal Makin Langka

Hal ini turut mengamini bahwa nuansa klasik memiliki ketertarikan tersendiri di kalangan generasi muda.

Selain karena nuansanya yang vintage, sejumlah TikTokers juga berkata bahwa kamera iPhone yang lebih baru membuat detail gambar terlalu berlebihan meksipun warnanya memang lebih jernih. Namun, mereka menilai jepretan iPhone 3GS lebih "nyata".

Adapun iPhone 3GS merupakan ponsel terakhir dari Apple yang hanya memiliki kamera tunggal. Pasalnya ponsel ini tidak memiliki kamera depan untuk selfie. Kamera depan pada iPhone baru tersedia pada iPhone 4 yang dirilis Apple pada tahun 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com