Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Ditunda, Peluncuran Xiaomi 13 Jadi 11 Desember

Kompas.com - 09/12/2022, 11:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Vendor smartphone China, Xiaomi beberapa hari lalu menunda peluncuran ponsel flagship Xiaomi 13. Meski tidak diungkap alasannya, penundaan itu dihubungkan dengan meninggalnya Mantan Sekretaris Jenderal Partai Komunis China, Jiang Zemin.

Sebab, usai kabar duka tersebut disiarkan, Xiaomi juga mengumumkan bahwa pihaknya menunda jadwal peluncuran Xiaomi 13. Pernyataan tersebut diunggah dalam bentuk cuitan di platform microblogging China, Weibo.

Namun, kabar terbaru mengungkapkan bahwa peluncuran Xiaomi 13 bakal digelar pada minggu depan, tepatnya 11 Desember 2022 pukul 19.00 waktu setempat. Hal ini diketahui dari postingan Xiaomi di Weibo.

Baca juga: Peluncuran Xiaomi 13 Ditunda Karena China Berduka

Xiaomi mengunggah poster pengumuman peluncuran Xiaomi 13 di Weibo, yang kali ini tampak jauh lebih berwarna dari sebelumnya. Poster tersebut bertuliskan bahwa peluncuran perangkat baru akan dilakukan pada 11 Desember 2022.

“#Xiaomi13 bakal diluncurkan pada 11 Desember. Sampai bertemu Minggu malam pukul 19.00 (waktu setempat). Terima kasih yang telah menunggu dan mengantisipasi. Bagikan pesan ini di Weibo dan dapatkan giveaway 100 unit Xiaomi 13,” tulis Xiaomi di Weibo, Kamis (8/12/2022).

(Kiri-kanan) Unggahan Xiaomi di platfrom microblogging China, Weibo, tentang tanggal baru dari peluncuran Xiaomi dan poster Xiaomi 13 yang terbaruXiaomi (Kiri-kanan) Unggahan Xiaomi di platfrom microblogging China, Weibo, tentang tanggal baru dari peluncuran Xiaomi dan poster Xiaomi 13 yang terbaru

Mengacu pada poster yang diunggah, Xiaomi 13 tampaknya akan hadir dengan beberapa varian warna yang soft, yakni hijau muda dan biru muda. Tidak hanya itu, tanggal baru dari peluncuran itu juga sudah muncul di aplikasi e-commerce China, Dewu App.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 13

Dari bocoran sebelumnya, Xiaomi 13 akan terdiri dari dua model, yaitu Xiaomi 13 “reguler” dan Xiaomi 13 Pro.

Selain itu, perusahaan juga bakal mengumumkan antarmuka teranyarnya, yakni MIUI 14. Jadi kemungkinan besar smartphone ini akan menjadi perangkat pertama yang menjalankan sistem operasi dari MIUI 14.

Baca juga: Xiaomi Bakal Rilis PC Desktop Pesaing Mac Mini?

Kedua perangkat disebut-sebut akan mengandalkan chipset terbaru besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Dari rumor yang beredar, model Pro akan dipadankan dengan RAM 8GB hingga 12 GB dan media penyimpanan seluas 512 GB.

Di sektor fotografi, Xiaomi 13 diyakini kuat akan mengusung teknologi pencitraan dari Leica. Konon, kamera Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro bakal memiliki kamera utama beresolusi 50 MP.

Versi yang reguler akan menggunakan sensor Sony IMX800, sedangkan versi pro menggunakan sensor Sony IMX989. Perbedaan sensor kemungkianan besar untuk membedakan hasil foto dari perangkat versi reguler dan pro.

Sedangkan, pada bagian layar, Xiaomi 13 “reguler” mengusung panel AMOLED seluas 6,12 inci. Lalu. Xiaomi 13 Pro akan hadir dengan layar yang lebih luas, yakni 6,7 inci dan menawarkan resolusi yang lebih tinggi. Keduanya konon kompak memiliki refresh rate 120 Hz.

Selain memperkenalkan smartphone, perusahaan diyakini akan meluncurkan smartwatch (arloji pintar) S2, TWS Xiaomi Buds 4, komputer desktop pertama, router Wi-Fi terbaru, dan proyektor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com