Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy M04 Meluncur dengan Baterai dan RAM Jumbo

Kompas.com - 10/12/2022, 20:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Samsung merilis ponsel entry-level terbarunya dari lini smartphone M-series, yaitu Samsung Galaxy M04 di India. Ponsel ini mengunggulkan baterai jumbo dan kapasitas RAM yang luas.

Samsung menjanjikan Galaxy M04 akan mendapatkan pembaruan sistem operasi (OS) selama dua tahun. Untuk lebih jelasnya, simak rincian spesifikasi Samsung Galaxy M04 berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Giz China, Sabtu (10/12/2022).

Spesifikasi Samsung Galaxy M04

Ilustrasi tampilan depan Samsung Galaxy M04 Samsung India Ilustrasi tampilan depan Samsung Galaxy M04

Samsung M04 dibekali layar seluas 6,5 inci dengan panel PLS LCD. Layar tersebut memiliki resolusi HD Plus (1.600 x 720 piksel). Untuk ponsel ini, Samsung belum menyebutkan secara rinci dukungan refresh rate layar maupun spesifikasi layar lainnya.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A04e di Indonesia

Pada bagian depan, layar Galaxy M04 dihiasi poni menyerupai huruf “V” atau yang biasa diberi nama oleh Samsung “Infinity-V”. Poni tersebut dijadikan sebagai tempat untuk menampung kamera selfie 5 MP.

Secara keseluruhan, perangkat ini dirancang dengan desain yang simpel dan minimalis. Pada bagian belakang, dua sensor kamera dibenamkan langsung ke punggung tanpa bilah dan diposisikan secara vertikal.

Masing-masing sensor memiliki konfigurasi 13 MP untuk kamera utama dan 2 MP untuk kamera makro. Kedua kamera itu ditemani lampu kilat LED. Sementara itu, di sisi tengah bawah, terdapat tulisan “Samsung” dengan warna sedikit transparan, sebagaimana ponsel Samsung pada umumnya.

Samsung M04 mengandalkan chipset MediaTek Helio P35 sebagai "otak" perangkat. Chipset tersebut ditemani oleh RAM 4 GB dan media penyimpanan 128 GB. Bila dirasa kurang, perluasan RAM dapat dilakukan melalui fitur “RAM Plus”.

Baca juga: VIDEO: Hands-on Galaxy A04e dan A04, Duo HP Samsung Harga Sejutaan

Fitur tersebut memungkinkan perangkat mendapat tambahan RAM secara virtual sebanyak 4 GB. Jadi, jika dijumlahkan, keseluruhan RAM yang dimiliki dapat mencapai 8 GB. Selain RAM, storage juga bisa diperluas melalui slot microSD hingga 1 TB.

Sistem operasi (OS) yang dijalankan adalah Android 12 dan dilapisi antarmuka OneUI yang tidak dirincikan versinya. Seperti disebutkan sebelumnya, Galaxy M04 bakal mendapat dua tahun pembaruan OS, hal ini mengindikasikan Galaxy M04 akan mendapatkan pembaruan dari Android 14 di masa mendatang.

Samsung Galaxy M04 ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000 mAH dengan keluaran daya 10 watt. Fitur pendukung lainnya antara lain jaringan 4G VoLTE, dual-SIM, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, USB-C, sistem keamanan melalui pemindai wajah, dan jack audio 3,5 mm.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 4 Juara buat Dibawa Nonton Konser

Harga Samsung Galaxy M04

Galaxy m04 hadir dengan dua varian warna, yaitu Hitam dan Hijau. Di India, harga Samsung Galaxy M04 adalah 8.499 rupee atau setara dengan Rp 1,6 juta (kurs saat berita ditulis).

Galaxy M04 akan tersedia dan memulai penjualan pertamanya di India pada 16 Desember 2022. Belum diketahui apakah perangkat ini juga akan diperkenalkan di Indonesia atau tidak. Namun, sejauh ini Samsung memasarkan model Galaxy M series di Indonesia.

Baca juga: Review Galaxy Z Flip 4, Ponsel Lipat Samsung yang Nyaris Sempurna

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com