Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkeliling Melihat Kerennya Kantor Google Asia Pasifik di Singapura

Kompas.com - 13/12/2022, 19:30 WIB
Ardito Ramadhan,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Mengunjungi kantor Google mungkin menjadi salah satu impian bagi pencinta dunia teknologi. Kantor Google memang terkenal dengan suasananya yang asik, keren, dan "ramah karyawan" karena fasilitas yang memadai.

Melihat secara langsung markas salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia tentu bukanlah pengalaman biasa.

Nah, jurnalis Kompas.com, Ardito Ramadhan, bersama sejumlah media asal Indonesia berkesempatan mengelilingi kantor Google Asia Pasifik yang terletak di Singapura pada Selasa (13/12/2022).

Kunjungan ini dilakukan di sela-sela kegiatan Indie Game Accelarator yang diselenggarakan Google.

Baca juga: Google: Industri Game Terus Tumbuh di Tengah Ketidakpastian Ekonomi

Kantor Google Asia Pasifik ini terletak di kawasan Maple Business City, lokasinya sekitar 15 menit berkendara menggunakan mobil dari Pulau Sentosa, salah satu kawasan wisata terpopuler di Singapura.

Tulisan Google yang dibuat dari susunan batu terdapat di kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (13/12/2022).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan Tulisan Google yang dibuat dari susunan batu terdapat di kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (13/12/2022).
Dari luar, kantor Google memang tak jauh berbeda dengan kantor-kantor pada umumnya, tetapi pemandangan di dalamnya bukanlah hal yang terbayang ketika kita berpikir tentang sebuah kantor.

Salah satu daya tarik utama kantor Google Asia Pasifik adalah kafetaria tempat para pegawai Google mengisi perut yang terletak di lantai 7 dan lantai 8.

Kafetaria ini sangatlah luas hingga dapat menampung ratusan pegawai Google dalam waktu bersamaan saat jam makan siang tiba.

Suasana di kafetaria kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (13/12/2022). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan Suasana di kafetaria kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (13/12/2022).
Makanan yang disajikan pun beragam dan terdiri dari sejumlah bagian, yakni bagian makanan India, makanan Asia, makanan barat, salad, serta buah dan pencuci mulut.

Kafetaria itu mengusung konsep all you can eat dan self-service, sehingga, para pegawai bebas mengambil makanan sesuka hati, tetapi harus mengembalikan piring dan alat makan mereka sendiri-sendiri.

Baca juga: Google Suntik Dana Rp 18,7 Miliar ke CekFakta untuk Perangi Misinformasi Jelang Pemilu 2024

Pegawai Google mengambil makanan yang tersedia di kafetaria kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (!3/12/2022).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan Pegawai Google mengambil makanan yang tersedia di kafetaria kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (!3/12/2022).
Para pegawai Google agaknya tidak perlu khawatir kelaparan. Sebab, selain kafetaria, kantor Google juga memiliki micro kitchen yang terletak di setiap lantai.

Di micro kitchen, pegawai bisa melepas dahaga dengan beragam jenis minuman dingin yang disediakan cuma-cuma. Mereka juga bisa mengisi perut dengan menikmati makanan ringan serta buah yang disajikan.

Beberapa jenis makanan yang tersedia di kafetaria kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (13/12/2022).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan Beberapa jenis makanan yang tersedia di kafetaria kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (13/12/2022).
Tak hanya dipuaskan oleh makanan yang berlimpah, pegawai Google juga dimanjakan oleh beragam fasilitas untuk melepas penat, misalnya meja pingpong, meja billiard, permainan papan seperti monopoli, bahkan arena panjat dinding di dalam ruangan.

Kantor ini juga dihiasi oleh berbagai identitas khas Google, seperti kombinasi cat warna biru, merah, hijau, dan kuning yang ada di beberapa sudut ruangan.

Beberapa tempat duduk yang disediakan untuk pegawai Google bekerja di kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (13/12/2022).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan Beberapa tempat duduk yang disediakan untuk pegawai Google bekerja di kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (13/12/2022).
Logo Google juga terlihat di beberapa area. Uniknya, logo tersebut bukan sekadar dicat, melainkan disusun menggunakan lego maupun batu.

Selain soal fasilitas, pantauan Kompas.com, para pegawai Google juga tampak santai dalam bekerja. Banyak di antara mereka yang hanya mengenakan kaus bahkan sambil membawa anak untuk bekerja.

Baca juga: Ini Dia Daftar Game dan Aplikasi Terbaik Google Play Store 2022

Suasana di salah satu ruangan yang terdapat di Kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (13/12/2022).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan Suasana di salah satu ruangan yang terdapat di Kantor Google Asia Pasifik di Singapura, Selasa (13/12/2022).

Beragam fasilitas ditambah suasana kerja yang menyenangkan tentu jadi impian banyak orang. Jadi, tertarik kerja di Google?

Simak video di bawah ini untuk mengikuti perjalanan Kompas.com berkeliling kantor Google Asia Pasifik di Singapura:

Video: Keliling kantor Google Asia Pasifik di Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com