Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Belanja Elevenia Diam-diam Tutup Layanan di Indonesia

Kompas.com - 14/12/2022, 14:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Situs belanja online Elevenia diam-diam resmi menutup operasinya di Indonesia.

Dikatakan diam-diam karena pengumuman penutupan Elevenia tidak terlihat di media sosial resmi Elevenia, seperti di akun Instagram dengan handle @eleveniaid, misalnya.

Pantauan KompasTekno, Rabu (14/12/2022), pengumuman penutupan layanan Elevenia hanya terpampang di situs resmi dengan URL www.elevenia.co.id. Saat diakses, situs tersebut menunjukkan pengumuman berbunyi:

"Efektif per hari ini, kami menutup layanan www.elevenia.co.id. Terima kasih telah menjadi mitra kami selama ini,".

Baca juga: Ini Alasan XL Axiata Lepas Saham Situs Belanja Elevenia

 Elevenia resmi tutup di Indonesia.elevenia.co.id Elevenia resmi tutup di Indonesia.
Sayangnya, tidak jelas kapan tanggal yang dimaksud dengan "hari ini" dalam pengumuman tersebut.

Di bawah pengumuman tersebut, ada keterangan tambahan mengenai informasi kontak untuk memudahkan mitra dan pelanggan mengetahui informasi penutupan lebih lanjut, seperti lewat call center, media sosial, email, dan WhatsApp.

"Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami s.d 30 November 2022 melalui:".

Informasi tersebut mengindikasikan bahwa situs belanja daring atau marketplace Elevenia resmi menutup layanan per 1 Desember 2022. Dan 30 November 2022 menjadi hari terakhir di mana konsumen dan mitra Elevenia bisa menggali informasi soal penutupan ini.

Tentang Elevenia

Elevenia merupakan situs e-commerce yang hadir di Indonesia pada 2014. Elevenia hadir melalui kerja sama perusahaan asal Korea Selatan, SK Planet, dengan operator seluler Indonesia, XL Axiata. Masing-masing perusahaan memegang 50 persen saham.

Pada 2017, SK Planet telah memutuskan untuk keluar dari Indonesia dan melepas sahamnya di Elevenia. Secara bersamaan, XL Axiata juga ikut melepas seluruh saham di Elevenia. Selanjutnya, saham tersebut diserahkan kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

Baca juga: Jumlah Pengguna Aplikasi Marketplace Indonesia Terbesar Ketiga di Dunia

Di awal kehadirannya, Elevenia termasuk dalam salah satu situs belanja terbesar di Indonesia dari sisi volume penjualan.

Namun masa jayanya di Tanah Air relatif hanya seumur jagung. Nama Elevenia belakangan mulai meredup dan kalah bersaing dengan marketplace kompetitor seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, maupun pemain besar lainnya yang jor-joran menerapkan strategi "bakar duit".

Setelah tak lagi bermain di situs belanja, Elevenia kini fokus menggarap bisnis lainnya. Strategi bisnis ke depan mereka adalah fokus dalam pengembangan usaha business to business (b2b), terutama segmen UMKM.

Nama domain Elevenia pun berubah, dari sebelumnya elevenia.co.id menjadi https://nusantara.elevenia.co.id/. Beberapa komoditas lokal unggulan yang dikembangkan Elevenia antara lain kopi, teh, herbal, dan rempah-rempah.

Setelah hadir selama sekitar 8 tahun, Elevenia akhirnya menutup operasinya di Indonesia pada 2022 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com