Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Lipat Oppo Find N2 Meluncur, Lebih Ringan dan Tipis

Kompas.com - 16/12/2022, 08:41 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan ponsel lipat terbarunya, Oppo Find N2 di pasar China. Oppo Find N2 memiliki form factor layar lipat secara vertikal, serupa dengan Samsung Galaxy Z Fold.

Generasi kedua ponsel lipat Oppo (setelah Oppo Find N yang meluncur 2021) membawa sejumlah pembaruan. Salah satu fokus Oppo Find N2 adalah perangkat ini lebih ringan dan tipis dibanding Oppo Find N generasi pertama.

Di atas kertas, Oppo Find N2 memiliki bobot 233 gram jauh lebih ringan dibanding Oppo Find N dengan bobot 275 gram.

Selain itu, dimensi ketebalan Oppo Find N2 ketika dibentangkan berada di angka 7,4 mm, sedangkan ketika dilipat berada di angka 14,6 mm.

Baca juga: Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip Resmi, Mirip Samsung Z Flip 4

Angka tersebut lebih kecil dari dimensi ketebalan Oppo Find N yang berada di 8,0 mm (dibentangkan) dan 15,9 mm (dilipat), sehingga wajar saja jika Oppo Find N2 diklaim lebih tipis, juga lebih ringan. 

Menurut Oppo, kedua hal ini dimungkinkan berkat mekanisme engsel (hinge) yang diperbarui, di mana jumlah komponennya kini berkurang dari 138 menjadi 100. Selain itu, ukuran engsel juga diperkecil hingga sekitar 67 persen.

Masih soal desain, layar Oppo Find N2 juga diklaim memiliki lebar bezel yang lebih tipis dibanding Oppo Find N2. Namun, jumlahnya tetap sama, yaitu ada dua yang terdiri dari layar utama (main screen) dan layar sekunder (cover display).

Ketika Oppo Find N2 dibentangkan, pengguna akan disuguhkan dengan layar utama AMOLED berukuran 7,1 inci. Layar ini memiliki rasio 9.6:9, resolusi 1.792 x 1.920 piksel, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan (brightness) mencapai 1.550 nits.

Kemudian ketika perangkat ini dilipat, pengguna akan bisa memakai layar sekunder AMOLED berukuran 5,54 inci dengan rasio layar 17.7:9, resolusi 1.080 x 2.120 piksel, refresh rate 120 Hz, dan brightness mencapai 1.350 nits.

Spesifikasi Oppo Find N2

Oppo Find N2.Oppo Oppo Find N2.

Beralih ke aspek kamera, sama seperti pendahulunya, Oppo Find N2 dibekali dengan tiga kamera belakang. Namun, kemampuan kamera kini ditingkatkan sedimikian rupa.

Tiga kamera yang menghiasi punggung Oppo Find N2 terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, Sony IMX 890, OIS), kamera ultrawide 48 MP (f/2.2, Sony IMX581, bidang pandang 115 derajat), dan kamera telefoto 32 MP (f/2.0, Sony IMX709).

Baca juga: Video: Menjajal Ponsel Lipat Oppo Find N di Jakarta

Selain di bagian belakang, bagian atas layar utama dan layar sekunder Oppo Find N2 juga terdapat kamera selfie yang masing-masing memiliki resolusi 32 MP (f/2.4).

Untuk menunjang pengalaman fotografi dan meningkatkan kualitas foto, Oppo menghadirkan chip MariSilicon X yang dikembangkan bersama perusahaan lensa kenamaan asal Swedia, Hasselblad.

Dengan adanya chip ini, pengguna bisa menikmati beragam fitur fotografi mumpuni seperti mode Profesional yang dilengkapi dengan Hasselblad Natural Color Solution, Xpan Mode, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com