BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Oppo Perkenalkan Inovasi Teknologi Terbaru di Inno Day 2022, Apa Saja?

Kompas.com - 16/12/2022, 11:31 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiap tahun sejak 2020, Oppo mengadakan pameran Oppo Inno Day untuk mengenalkan inovasi teknologi terbarunya. Pada tahun ini, Oppo mengusung tema “Empowering a Better Future” dan menghadirkan tiga perangkat yang menunjukkan empat inisiatif cerdas, yakni hiburan cerdas, produktivitas cerdas, kesehatan cerdas, dan pembelajaran cerdas.

Diungkapkan Wakil Presiden Senior dan Chief Product Officer Oppo Pete Lau secara daring di acara tersebut, Rabu (14/8/2022), inovasi yang dihadirkan Oppo bertujuan untuk membangun masa depan yang inklusif dan positif.

“Dengan membawa proposisi merek kami, Inspiration Ahead, Oppo akan terus menghadirkan produk dan teknologi unggulan yang membangun kehidupan lebih cerdas bagi masyarakat,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Guna memenuhi tujuan tersebut, lanjut Pete, Oppo menggandeng mitra global dalam membangun ekosistem teknologinya.

Pete menjelaskan, hingga saat ini, lebih dari 300.000 pengembang dan 700.000 kreator telah bergabung dengan platform terbuka Oppo. Kemudian, Oppo juga memperkuat komunikasi serta mendukung developer dan pemrograman global melalui Oppo ColorOS Hackathon.

Komitmen Oppo terhadap pengembangan teknologi masa depan juga diperkuat dengan peresmian Oppo Research Institute Innovation Accelerator pada Mei 2022.

“Melalui institut riset ini, Oppo dapat mencari lebih banyak solusi teknologi pada sektor kesehatan bersama para profesional dan pengusaha teknologi,” jelas Pete.

Pada akhir Agustus 2022, Oppo mengumumkan 10 proposal teknologi teratas yang terpilih dari 536 peserta. Adapun para peserta tersebut berasal dari 39 negara.

Masing-masing tim mendapatkan hadiah 46.000 dollar AS untuk mengembangkan teknologi yang berdampak positif bagi kehidupan di masa depan. Selain itu, mereka juga berpeluang mendapatkan suntikan investasi, dukungan teknologi, kemitraan komersial, dan promosi global.

Lalu, apa saja tiga perangkat yang dikenalkan Oppo pada Inno Day 2022? Simak ulasan berikut.

1. OHealth H1

Di bidang kesehatan, Oppo telah membenamkan investasi untuk mengembangkan teknologi kesehatan cerdas. Salah satunya membangun Oppo Health Lab pada 2021. Kemudian, pada Oppo Inno Day 2022, jenama ini memamerkan teknologi kesehatan pintar baru, OHealth H1.

Teknologi cerdas OHealth H1 (Dok. Oppo)Oppo Teknologi cerdas OHealth H1 (Dok. Oppo)

Teknologi kesehatan cerdas itu berfungsi memantau enam data kesehatan keluarga dalam satu perangkat. Kesehatan yang dipantau meliputi pengukuran oksigen darah, auskultasi jantung dan paru-paru, detak jantung, suhu tubuh, pemantauan tidur, dan elektrokardiografi (EKG).

Dari segi desain, OHealth H1 dirancang sebagai perangkat ringan dengan berat 95 gram (g). Bodinya pun dibuat dengan bentuk oval serta tampilan tepi yang membulat dan estetis. Dengan bentuk seperti ini, OHealth H1 mudah dibawa ke mana saja.

Baca juga: OHealth H1, Alat Pemantau Kesehatan Pertama dari Oppo

“OHealth H1 merupakan upaya Oppo dalam menawarkan solusi perawatan kesehatan yang cerdas, profesional, dan nyaman untuk penggunaan pribadi di rumah, rumah sakit, atau klinik,” papar Pete.

2. MariSilicon Y

Inovasi teknologi lain yang diperkenalkan pada Oppo Inno Day 2022 adalah MariSilicon Y. Meski mengambil nama depan sama dengan MariSilicon X, MariSilicon Y bukanlah pembaruan dari neural processing unit (NPU) khusus pencitraan tersebut.

MariSilicon Y merupakan salah satu system-on-a-chip (SoC) Bluetooth pertama yang menggunakan teknologi pemrosesan canggih N6RF. SoC Bluetooth ini juga dilengkapi codec eksklusif URLC dan NPU khusus yang memiliki daya komputasi on-device hingga 590 GOPS.

Oppo MariSilicon Y (Dok. Oppo)Oppo Oppo MariSilicon Y (Dok. Oppo)

Berkat teknologi tersebut, MariSilicon Y bisa meningkatkan bandwidth Bluetooth sebesar 50 persen jika dibandingkan SoC Bluetooth spesifikasi tinggi di pasaran.

Karena teknologi itu pula, MariSilicon Y menjadi SoC Bluetooth pertama yang dapat mentransmisikan audio lossless ultra-clear 24-bit/192kHz dengan kualitas suara yang sama seperti koneksi kabel.

3. Air Glass 2

Teknologi ketiga yang hadir di Oppo Inno Day 2022 adalah kacamata Assisted Reality, Oppo Air Glass 2. Kacamata cerdas ini hadir dengan desain kuat dan bobot ringan, yakni 38 g, dan dilengkapi lensa resin SRG-diffractive waveguide pertama di dunia.

Lensa tersebut mampu mendukung koreksi penglihatan dan penyesuaian lebih lanjut selayaknya kacamata minus ataupun plus. Perbedaannya, Oppo Air Glass 2 dapat melakukan panggilan telepon, menerjemahkan secara real-time, menyediakan navigasi berbasis lokasi, serta mengubah suara menjadi teks untuk orang dengan gangguan pendengaran.

Oppo Air Glass 2 (Dok. Oppo)Oppo Oppo Air Glass 2 (Dok. Oppo)

Kacamata pintar dari Oppo itu hadir untuk menunjukkan semua kemungkinan baru dalam interaksi antara manusia dan mesin, sekaligus menunjukkan eksplorasi teknologi Oppo dari empat inisiatif cerdasnya.

Baca juga: Oppo Air Glass 2 Resmi, Smart Glasses dengan Tampang Kacamata Biasa

Itulah tiga perangkat inovatif yang dikenalkan Oppo pada gelaran Inno Day 2022. Pete mengatakan, Oppo akan terus mendorong inovasi untuk membuka kemungkinan baru. Dengan demikian, kehidupan yang lebih baik, terbuka, dan inklusif dapat tercipta.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com