Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menampilkan .00 di Microsoft Excel

Kompas.com - 23/12/2022, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft Office Excel memiliki sejumlah tools (alat) yang bisa mempermudah pengguna dalam mengolah data dan angka.

Oleh karena itu, aplikasi ini terbilang fleksibel dan mudah dijalankan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor yang berkaitan dengan data dan angka.

Terkadang, dalam memasukkan data, pengguna harus menyertakan angka .00 (nol) dalam angka desimal maupun nominal uang. Anda dengan mudah bisa menghilangkan maupun menampilkan .00 (nol) dalam sebuah data.

Menampilkan angka .00 (nol) dalam angka juga berguna untuk memperjelas penyebutan data dalam Excel. Lantas bagaimana cara menampilkan angka .00 di Microsoft Excel? Selengkapnya KompasTekno merangkum langkah-langkanya. 

Baca juga: Cara Menghilangkan .00 di Microsoft Excel Sekaligus

Cara menampilkan .00 di Excel 

  • Sorot sel yang akan diubah.
  • Klik pintasan “Number format” pada kelompok sub menu Number untuk membuka dialog box “Format Cells”.
  • Pilih opsi “Custom”.
  • Anda bisa memilih salah satu tipe sesuai dengan kebutuhan. Seperti apakah Anda menghendaki angka ditampilkan dalam nominal uang (Rp), persentase (%), tanggal dan waktu, serta jumlah 0 (nol) yang akan ditampilkan.
  • Klik “Ok” untuk menutup dialog box dan 0 (nol) akan kembali dalam deretan angka.

Untuk memberikan gambaran lebih jelas terkait ragam tampilan angka .00 (nol) dalam Excel, berikut contoh angka-angka sebelum dan sesudah ditampilkan angka .00 (nol)-nya.

  A B C
1   Angka Sebelum ditampilkan .00 Angka Sesudah ditampilkan .00
2 Desimal 135 135,00
3 Nominal Uang (Rp) 123 Rp123,00
4 Persentase (%) 456 45600%; 456,00%
5 Tanggal 05/01/00 05/01/2000; 05-Jan-00; Jan-00
6 Waktu 05:00 WIB 05:00 AM; 05:00:00

Dalam “Format Cells >> Custom”, pengguna dapat memilih sejumlah format pilihan untuk menampilkan angka .00 (nol) sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dalam bagian “Custom”, terdapat dua kolom yang akan ditampilkan yakni kolom “Sample” dan kolom “Type”. “Sample” untuk menampilkan hasil angka sesudah pengguna memilih salah satu format yang ada. Sementara “Type” untuk menampilkan format kode yang ditawarkan.

Baca juga: Cara Mengatur Format Jam di Microsoft Excel

Itulah langkah-langkah untuk menampilkan angka .00 (nol) dalam Excel yang ditampilkan dalam sejumlah format. Seperti desimal, nominal uang, persentase, tanggal, dan waktu. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com