Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Lionel Messi Paling Banyak Di-mention Selama Piala Dunia 2022

Kompas.com - 23/12/2022, 11:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang sepak bola paling bergengsi, Piala Dunia Qatar 2022 telah usai dengan pertandingan final yang sangat sengit antara tim nasional Argentina dan juara bertahan Perancis.

Kemeriahan dari acara tersebut tidak hanya diramaikan oleh penonton di lapangan, tetapi juga para penonton jarak jauh yang menonton secara daring (online). Berbagai macam konten di media sosial kerap diunggah untuk memeriahkan acara tersebut, termasuk di Twitter.

Usai pertandingan berlangsung, Twitter memublikasikan data statistik seputar Piala Dunia Qatar 2022 tahun ini di blog resminya.

Baca juga: Foto Lionel Messi Angkat Trofi Pecahkan Rekor di Instagram

“Terdapat 147 miliar cuitan (yang membahas) #WC2022 secara global. (Angka ini) dengan mudahnya melampaui #WC2018 dan dua kali lipat dari cuitan Olimpiade #Tokyo2020,” tulis Bruno Piovesan, Senior Manager and Marketing Twitter di blog Twitter, dikutip KompasTekno, Jumat (23/12/2022).

Dari miliaran cuitan yang diunggah, pemain Argentina Lionel Messi (handle @TeamMessi) menjadi pemain yang paling banyak di-mention di Twitter selama pertandingan berlangsung. Meski tidak dirinci berapa jumlah pastinya, Messi menduduki peringkat pertama dari lima pemain yang paling banyak dibicarakan.

Posisi kedua diduduki oleh Kylian Mbappe (handle @KMbappe) asal Perancis, posisi ketiga oleh Neymar Junior (handle @neymarjr) dari Brazil. Sementara itu, posisi keempat dan kelima masing-masing terdiri dari Cristiano Ronaldo (handle @cristiano) dari Portugal dan Song Heung-min (handle @Sonny7) dari Korea Selatan.

Kemenangan yang berhasil diraih Argentina cukup menarik perhatian publik secara global. Sebab, kemenangan tersebut merupakan gelar Piala Dunia ketiga bagi Argentina setelah dua kemenangan sebelumnya diraih pada 1978 dan 1986 silam.

Baca juga: Gara-gara Piala Dunia 2022, Google Search Pecahkan Rekor

“Kemeriahan dari para penonton tengah menunjukkan ekspresinya terhadap gol yang berhasil dicetak, menonton highlights, memprediksi pertandingan selanjutnya, atau merayakan keberhasilan pemain favorit. Seluruh penggar di Twitter tengah mendiskusikan segala aspek dari pertandingan tersebut,” tambah Twitter.

Topik yang paling banyak dibicarakan

Ilustrasi Twitter.UNSOLASH/BRETT JORDAN Ilustrasi Twitter.

Selain itu, selama final berlangsung, Twitter juga membagikan lima topik dan momen yang paling banyak dibicarakan di platform tersebut. Twit ini diukur menggunakan indikator tweet per minute (TPM). Lima topik yang paling banyak dibicarakan adalah sebagai berikut.

  • Final Argentina vs Perancis. Akhir dari babak adu penalti, Argentina memenangi Piala Dunia.
  • Final Argentina vs Perancis. Pemain Perancis Kylian Mbappé menyamakan kedudukan dengan gol menakjubkan!
  • Perempatfinal Kroasia vs Brasil. Tendangan penalti terakhir Brasil meleset, Kroasia melaju ke semifinal.
  • Final Argentina vs Perancis. Pemain Argentina Angel Di Maria mencetak gol untuk Argentina, skor menjadi 2-0.
  • Perempatfinal Kroasia vs Brasil. Pemain Brasil Neymar mencetak gol, dan tim berhasil memimpin pada menit ke-106.

Sedangkan, tim yang paling banyak “dicolek” atau dibicarakan selama Piala Dunia 2022 adalah Argentina. Setelah itu, posisi kedua disusul oleh Brasil, lalu Perancis, dan ketiga Portugal. Posisi kelima diisi oleh Kroatia.

Elon Musk selaku CEO Twitter juga turut mengunggah data statistik seputar pertandingan. Ia menuliskan bahwa ada 24.400 twit per detiknya saat Perancis berhasil mencetak gol. Angka tersebut diklaim yang terbanyak selama Piala Dunia berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com