Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Hacker Pembobol iPhone yang Direkrut Elon Musk? Kini Dia Resign dari Twitter

Kompas.com - 23/12/2022, 15:06 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di awal kepemimpinannya di Twitter, Elon Musk merekrut George Hotz, seorang peretas (hacker) pertama yang berhasil membobol iPhone tahun 2007 lalu.

Hotz yang direkrut sebagai karyawan kontrak, diberi kesempatan magang terlebih dahulu selama 12 minggu atau sekitar tiga bulan di Twitter. Artinya, apabila dia mulai bekerja di Twitter mulai awal November (awal kepemimpinan Musk), masa magangnya baru berakhir sekitar bulan Januari atau Februari 2023.

Namun, belum genap masa magangnya usai, Hotz memutuskan resign atau mundur dari Twitter. Keputusan ini menandai tamatnya karier George Hotz yang hanya bertahan sekitar satu bulan saja di Twitter.

Menurut George Hotz, ia merasa tidak bisa memberikan kontribusi nyata di Twitter. Namun ia tetap menghargai kesempatan yang ia dapatkan di perusahaan yang kini dimiliki Elon Musk itu.

Baca juga: Hacker Pembobol iPhone Diberi Waktu 12 Minggu Beresi Fitur Pencarian Twitter

"Mengundurkan diri dari Twitter hari ini. Saya menghargai peluang yang diberikan, tetapi saya kira tidak ada dampak nyata yang bisa saya buat di sana," kata George Hotz dikutip KompasTekno dari akun Twitter pribadinya ber-handle @realGeorgeHotz.

Setelah resign dari Twitter, George Hotz berkata akan kembali ke dunia coding.

George Hotz, hacker pembobol iPhoneBloomberg George Hotz, hacker pembobol iPhone

Tanda-tanda mundurnya Hotz sebenarnya sudah mencuat pada awal pekan ini. Hacker itu membuat jajak pendapat alias polling di Twitter, bertanya kepada pengikutnya (followers) apakah ia harus mundur dari program magang Twitter.

Hotz mulanya berkata bahwa ia akan mematuhi hasil polling. Adapun hasilnya adalah 63,6 persen dari 81.890 suara yang terkumpul, menyatakan tidak setuju. Sementara 36,4 persen lainnya menyatakan setuju Hotz hengkang dari Twitter.

Namun, berbanding terbalik dengan hasil polling, Hotz justru mengumumkan pengunduran dirinya dari Twitter, hanya berselang satu hari setelah polling tadi dibuat.

Mundurnya hacker pembobol iPhone itu juga sudah dikonfirmasi oleh orang dalam Twitter sebagaimana dikutip Business Insider. Sumber itu berkata bahwa George Hotz sudah resign dan telah dihapus dari sistem internal perusahaan termasuk Slack.

Baca juga: Elon Musk Bakal Mundur sebagai CEO Twitter dengan Syarat Menemukan Orang Bodoh

Direkrut Elon Musk langsung

Awalnya George Hotz direkrut CEO Twitter, Elon Musk untuk meningkatkan kualitas pencarian di platform microblogging itu.

Pada pertengahan November lalu, melalui akun Twitternya George Hotz berkata bahwa ia bersedia magang di Twitter dengan bayaran biaya hidup selama di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Twit itu kemudian ditanggapi oleh Elon Musk dengan mengajak Hotz berbincang.

Beberapa hari kemudian George Hotz mengunggah twit baru dan menyatakan dirinya akan berusaha menjalani magang selama 12 pekan di Twitter dengan tugas yang sudah ditentukan Elon Musk.

Namun, Hotz pada akhirnya kemudian memutuskan resign per 21 Desember lalu, hanya sebulan setelah twit tadi dipublikasikan.

Baca juga: Twitter Batalkan Kebijakan yang Haramkan Link Promosi Medsos Lain

George Hotz dikenal bukan sembarang hacker. Ia merupakan hacker populer karena berhasil membobol iPhone untuk pertama kalinya pada tahun 2007.

Hotz juga merupakan alumni Universitas Carnegie Mellon dan mendapat gelar Sarjana Ilmu Komputer. Sebelumnya, ia pernah magang di Google, Facebook, dan SpaceX. Kini, ia mendirikan perusahaannya sendiri bernama comma.ai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com