Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Kehadiran Samsung Galaxy S22 Versi Murah

Kompas.com - 26/12/2022, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal Januari 2022, Samsung merilis ponsel versi murah dari flagship Galaxy S21 series, yaitu Samsung Galaxy S21 Fan Edition (FE). Ponsel ini meluncur kurang lebih satu tahun setelah Galaxy S21 series dirilis, yaitu Januari 2021.

Hingga kini, suksesor Galaxy S21 FE masih belum jelas, bahkan muncul rumor bahwa Samsung batal memproduksi Samsung Galaxy S22 FE sebagai ponsel "murah" Galaxy S22 series.

Namun, rumor terbaru menyebutkan bahwa Galaxy S22 FE masih berpeluang untuk hadir di pasar. Setidaknya begitulah menurut pembocor (tipster) pemula @OreXda.

Baca juga: Ini Beda Spesifikasi Samsung Galaxy S21 dan S21 FE di Indonesia

Dalam sebuah kicauan, akun @OreXda mengunggah sebuah gambar bertuliskan "Galaxy S22 FE dan Galaxy Buds2 Live". Ia kemudian menambahkan keterangan "coming soon (segera hadir).

Keterangan @OreXda itu disebut didukung oleh pembocor gadget kenamaan asal Korea Selatan, Dohyun Kim.

Menurut tipster lainnya, @RGcloudS, ponsel Samsung Galaxy S22 FE itu konon tak hanya menjadi suksesor Galaxy S21 FE, namun juga sebagai pengganti dari ponsel mid-range Galaxy A7X-series.

Menurut @RGclouds, Galaxy S22 FE bakal menggantikan posisi Galaxy A74 yang semestinya menjadi suksesor Galaxy A73 pada 2023 mendatang. Samsung sendiri juga sebelumnya dikabarkan akan menyetop seri ponsel A7x ini.

Baca juga: Samsung Berhenti Bikin Ponsel Seri Galaxy A7x Tahun Depan?

Secara terpisah, ada kabar yang beredar bahwa Samsung sedang mengerjakan chipset Exynos 2300. Namun, chipset itu tidak akan disematkan pada jajaran ponsel flagship Galaxy S23 series, melainkan pada Galaxy S22 FE.

Menurut @RGclouds, Samsung Galaxy S22 FE itu akan ditenagai chipset baru Exynos 2300 dan akan menggunakan sensor kamera 108 MP, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena, Senin (26/12/2022).

Sensor kamera resolusi tinggi itu tampaknya merupakan warisan dari Galaxy A73 yang juga memiliki kamera utama 108 MP. Mengingat, Samsung Galaxy A73 menjadi ponsel mid-range pertama Samsung yang dibekali sensor kamera tinggi ini.

Baca juga: Samsung Galaxy A14 5G Belum Dirilis, tapi Sudah Siap Masuk Indonesia

Tipster @RGcloudS juga meyakini bahwa harga Galaxy S22 FE bakal hampir sama dengan Galaxy A73. Tahun lalu, Galaxy A73 dirilis dengan harga peluncuran Rp 7,8 juta untuk varian memori RAM 8/256 GB.

Harga tersebut di bawah harga peluncuran Galaxy S21 FE pada Januari lalu. Ponsel versi murah dari Galaxy S21 series ini dijual seharga Rp 9 juta (8/128 GB) dan Rp 10 juta (8/256 GB).

Perlu dicatat, kabar kehadiran, spesifikasi, hingga harga Galaxy S22 FE di atas masih sebatas rumor semata. Samsung sendiri hingga kini masih belum memberikan pengumuman resmi soal kehadiran ponsel versi murah dari lini Galaxy S22 series.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com