Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gmail Tidak Bisa Lampirkan File, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 26/12/2022, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Gmail merupakan salah satu aplikasi yang sering diandalkan untuk mengirim sebuah file. Meskipun melampirkan file ke Gmail terbilang cukup mudah, beberapa orang terkadang menemui kendala ketika mengunggah file mereka.

Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan masalah itu terjadi. Beberapa di antaranya, seperti ukuran file yang terlalu besar, browser yang tidak update, dan lain sebaganya.

Untuk mengatasinya berikut ini KompaTekno merangkum cara mengatasi file yang tidak bisa diunggah ke Gmail.

Baca juga: Password Benar Tapi Tidak Bisa Login ke Gmail? Begini Cara Mengatasinya

Perkecil ukuran file

Gagalnya unggah file ke Gmail dapat disebabkan karena lampiran file terlalu besar atau ekstensi file. Mengingat ukuran lampiran total yang dibatasi adalah 25 MB. Selain itu, Gmail juga tidak mengizinkan pengguna mengunggah file dengan ekstensi .EXE.

Untuk memperkecil ukuran file, Anda bisa melakukan compress online melalui website-website yang ada. Buka salah satu website kompres online, seperti ilovepdf, smallpdf, pdf2go, dan lain sebagainya

  • Unggah file yang ingin diperkecil
  • Klik “mulai” atau “kompres” untuk memperkecil file
  • Unduh file yang sudah dikompres

Periksa kecepatan internet

Penyebab lain kegagalan unggah file adalah hilangnya koneksi internet yang digunakan. Oleh karena itu, pengguna perlu memeriksa kecepatan internet atau menghubungkan ulang koneksi yang sedang digunakan. Berikut cara untuk menghubungkan ulang koneksi WiFi.

  • Klik “disconnect” pada jaringan WiFi
  • Klik “connect” pada salah satu jaringan WiFi yang ingin Anda sambungkan

Bagi pengguna yang menggunakan Windows 10 berikut ini cara mengatasi WiFi yang terputus. Anda dapat menuju pada artikel berikut ini. 

Gunakan perangkat lain

Jika gagal mengunggah file pada Gmail melalui laptop, pengguna bisa menggunakan perangkat lain, seperti ponsel atau tablet. Apabila berhasil, berarti permasalahan terletak pada aplikasi Gmail laptop Anda.

Baca juga: Gmail Tidak Bisa Download File, Begini Cara Mengatasinya

Hapus data browser dan cache

Untuk memperbaiki masalah gagal unggah file pada Gmail, pengguna bisa menghapus cache pada browser. Mengingat masalah dapat disebabkan oleh penumpukan cache browser yang membuat browser bermasalah.

  • Berikut cara untuk menghapus cache data browser pada Google Chrome
  • Klik titik tiga pada bagian kanan pojok atas
  • Pilih opsi “Settings/Pengaturan”
  • Pilih "Privasi dan Keamanan"
  • Klik "Hapus data penjelajahan"

Instal ulang browser Anda

Penyebab lain kegagalan unggah file Gmail dapat disebabkan karena browser Anda belum di-update ke versi terbaru. Oleh karena itu, Anda harus mencopot pemasangan browser terlebih dahulu. Kemudian instal ulang browser Anda.

Untuk memperbaru browser Google Chrome pengguna bisa menuju artikel berikut ini. Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi file yang gagal diunggah ke Gmail. Semoga membantu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com