Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamu Pemikir atau Pemimpi? Cek Kepribadian di Situs Creative Type yang Lagi Viral Ini

Kompas.com - 29/12/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu terakhir di linimasa Twitter, ramai unggahan tentang tipe kepribadian pengguna. Salah satu contohnya seperti yang diunggah oleh akun base dengan handle @tanyakanrl, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Viral Game Buatan Indonesia When the Past was Around, Begini Cara Mainnya

Dari beberapa unggahan di Twitter, dapat diketahui dengan mudah bahwa tipe kepribadian pengguna yang ramai dibagikan itu berasal dari website Creative Type. Website yang dikembangkan oleh Adobe Create tersebut punya layanan cek kepribadian pengguna.

Di Creative Type, pengguna bakal disajikan dengan sekitar 15 pertanyaan pilihan ganda yang berkaitan dengan preferensi kebiasaan pengguna. Setelah terjawab semua, Creative Type bakal memberikan informasi kepribadian pengguna yang cocok dengan kebiasaan itu.

Creative Type memiliki delapan kategori kepribadian pengguna yang berbeda, beberapa di antaranya seperti Thinker (Pemikir), Adventurer (Petualang), Dreamer (Pemimpi), dan Visioner. Lantas, bagaimana cara cek kepribadian Creative Type?

Untuk cek kepribadian Creative Type, caranya bisa dengan mengunjungi website ini “mycreativetype.com”. Bila tertarik untuk ikut cek kepribadian Creative Type dan membagikannya di Twitter, simak penjelasan lengkap caranya di bawah ini.

Baca juga: Viral Website Toasteed buat Cek Kata yang Paling Sering Ditwit, Ini Cara Menggunakannya

Cara cek kepribadian Creative Type

  • Kunjungi link cek kepribadian Creative Type ini https://mycreativetype.com
  • Pada halaman awal website, klik opsi “Start Test” dan bakal tersaji pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kebiasaan pengguna.
  • Jawab semua pertanyaan yang diberikan. Tiap satu pertanyaan selesai terjawab, bakal terdapat animasi singkat yang merepresentasikan pilihan kebiasan pengguna.
  • Tipe kepribadian berdasar kebiasaan pengguna dan deskripsinya akan muncul di akhir setelah semua pertanyaan terjawab.
  • Pada bagian deksripsi, pengguna bisa melihat rekomendasi tipe kepribadian milik pengguna lain yang cocok untuk bekerja sama dengan tipe kepribadiannya.
  • Saat tipe kepribadian telah muncul, pengguna bisa membagikannya ke media sosial dengan mengetuk ikon aplikasi terkait yang tersedia.

Ilustrasi cara cek kepribadian Creative Type.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek kepribadian Creative Type.

Itulah cara cek kepribadian Creative Type yang lagi viral di Twitter. Sebagai informasi tambahan, kendati pengembangan layanan Creative Type terinspirasi dari riset kepribadian psikologi , namun hasilnya tidak dapat dijadikan acuan utama.

Baca juga: Link dan Cara Main Tebak Lagu Whisperify Spotify yang Ramai di Twitter

Dikutip dari laman Adobe Creative, salah satu pengembang Creative Type di bagian metodologi, Carolyn Gregoire mengatakan tipe kepribadian yang dihasilkan mungkin bisa sesuai dengan pengguna saat ini, tapi dapat pula berbeda di lain waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com