Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Jadwal KRL Jogja-Solo via Aplikasi KRL Access untuk Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 30/12/2022, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Libur akhir tahun telah tiba. Menjelang tahun baru 2023, cukup banyak masyarakat yang pergi ke tempat dengan wisata-wisata menarik, salah satunya seperti Yogyakarta (biasa disebut juga dengan Jogja).

Melancong ke Yogyakarta kini tidaklah sulit. Terdapat beberapa moda transportasi yang bisa dimanfaatkan untuk pergi liburan ke Yogyakarta, misalnya KRL (Kereta Rel Listrik) dengan rute perjalanan Jogja-Solo.

Baca juga: Cara Beli Tiket Masuk Candi Borobudur Online buat Libur Natal dan Tahun Baru 2023

KRL Jogja-Solo melintasi beberapa stasiun seperti stasiun Tugu Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, Solo Jebres, dan Solo Balapan.

Masyarakat yang berada disekitar wilayah stasiun tersebut bisa menggunakan KRL Jojga-Solo untuk pergi libur tahun baru di Yogyakarta. Bila hendak menggunakan KRL Jogja-Solo, ada baiknya untuk cek jadwal keberangkatannya dulu.

Lantas, bagaimana cara cek jadwal KRL Jogja-Solo? Cek jadwal KRL Jogja-Solo bisa dilakukan via aplikasi KRL Access. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara cek jadwal KRL Jogja-Solo via KRL Access.

Cara cek jadwal KRL Jogja-Solo via KRL Access

  • Unduh aplikasi KRL Access di Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS). Setelah terinstal, silakan buka aplikasi KRL Access dan login akun.
  • Bila belum punya akun, daftar dulu dengan mengisi alamat e-mail aktif dan membuat password.
  • Setelah punya akun dan berhasil masuk, untuk cek jadwal KRL Jogja-Solo, caranya klik ikon garis tiga yang terletak di pojok kiri sisi atas aplikasi.
  • Selanjutnya, pilih menu “Jadwal Kereta”.
  • Kemudian, masukkan stasiun keberangkatan di kolom “Pilih Stasiun”
  • Atur perkiraan jam keberangkatan awal dan akhir dari KRL di masing-masing kolom “Jam Awal” dan “Jam Akhir”, lalu klik opsi “Cari”.
  • Terakhir, KRL Access bakal menampilkan jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo di rentang jam tersebut dari stasiun yang telah dipilih.

Ilustrasi cara cek jadwal KRL Jogja-Solo via KRL Access untuk libur tahun baru.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek jadwal KRL Jogja-Solo via KRL Access untuk libur tahun baru.

Demikianlah penjelasan cara cek jadwal KRL Jogja-Solo dengan mudah via KRL Access untuk libur tahun baru ke Yogyakarta. Sebagai informasi tambahan, harga tiket KRL Jogja-Solo untuk sekali perjalanan saat ini adalah Rp 8.000.

Tiket tersebut dapat dibeli menggunakan saldo yang terdapat di kartu elektronik KMT (Kartu Multi Trip. Selain itu, tiket KRL Jogja-Solo juga bisa diperoleh dengan membelinya melalui dompet digital LinkAja dan GoPay.

Bila hendak membeli tiket KRL Jogja-Solo lewat LinkAja atau GoPay, caranya bisa dibaca lebih lanjut pada artikel ini “Cara Naik KRL Pakai Aplikasi Gojek” dan ini “Cara Naik KRL Pakai LinkAja”.

Baca juga: Cara Beli Tiket Taman Mini Online serta Harganya untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Setelah membeli lewat LinkAja atau GoPay, pengguna bakal memperoleh tiket KRL Jogja-Solo berupa kode QR untuk dipindai di pintu masuk (gate) stasiun keberangkatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com