Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Apple Bagikan Tips Jadi Orang Sukses, Salah Satunya "Jangan Lupa Bahagia"

Kompas.com - Diperbarui 06/01/2023, 06:21 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Inc.

KOMPAS.com - Pepatah mengatakan, "ada banyak jalan menuju Roma", termasuk dalam meraih kesuksesan. Mungkin, salah satunya adalah mengikuti kiat dari CEO Apple, Tim Cook.

Tujuh tahun lalu, ketika Cook sedang dalam perjalanan di India, orang nomor satu di Apple itu mendapat pertanyaan "apa resep menjadi orang sukses?" Cook lantas mengungkap tiga kunci utama yang ia yakini bisa diikuti oleh anak muda untuk menggapai kesuksesan.

"Lakukan yang kamu suka, geluti sepenuh hati, dan jangan lupa bahagia atau bersenang-senang," kata Tim Cook saat menghadiri acara Indian Premiere League tahun 2016 silam.

Baca juga: Tim Cook Jelaskan Alasan Apple Tolak Permintaan Google soal RCS

Lakukan saja apa yang kamu suka

Kunci pertama yang diungkap Cook adalah "do what you love" atau lakukan apa yang kamu sukai. Sebetulnya, kalimat ini terdengar klise.

Tidak sedikit motivator yang sering mengatakan ungkapan tersebut untuk menjadikan pekerjaan sebagai alat untuk mencapai tujuan yang bersifat sementara, seperti membeli sandang pangan, memenuhi gaya hidup, hingga tagihan-tagihan yang menggunung. Pola itu umumnya berlanjut hingga masa pensiun.

Namun, pernahkah ungkapan Cook tadi terlintas di pikiran saat melakoni rutinitas pekerjaan sehari-hari?

Bisa saja tidak, lantaran fokus utama bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bukan bekerja karena mencintai pekerjaan tersebut.

Menurut Cook, apabila seseorang menjalani pekerjaan yang dicintai, hal itu akan membuatnya lebih "hidup". Artinya, pekerjaan tersebut benar-benar dapat memberi makna yang mendalam terhadap kehidupan seseorang, meskipun ada sejumlah rintangan di dalamnya.

"Saran saya untuk Anda semua adalah, jangan bekerja untuk uang, itu akan cepat habis atau tidak akan pernah cukup. Anda tidak akan pernah bahagia," kata Cook yang juga pernah dia sampaikan saat mengisi acara di Universitas Glasgow.

Baca juga: Fantastis, Gaji dan Tunjangan yang Diterima Bos Apple Tim Cook pada 2021

Geluti pekerjaanmu sepenuh hati

Cook tidak menampik bahwa uang sangat penting. Yang dia maksud adalah bagaimana seseorang bisa memposisikan karir dan pekerjaan dalam jalur yang selaras demi mencapai misi hidup.

Dengan demikian, orang tersebut akan mampu menggeluti pekerjaannya dengan sepenuh hati. Menurut Cook, dengan menempatkan karir sesuai passion dan tujuan hidup, maka uang akan "melayani" tujuan yang lebih besar, ketimbang hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Anda harus menemukan titik balik untuk menemukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai dan pada saat bersamaan, sesuatu yang bisa membantu orang lain. Saya pikir, apabila Anda tidak menemukan persimpangan itu, Anda tidak akan bahagia dalam hidup," kata Cook.

Menempatkan misi hidup dalam pekerjaan, akan membuat Anda mencintai pekerjaan, menurut Cook. Saat melakukan pekerjaan yang hanya berfokus pada material saja, kecintaan kita pada pekerjaan tersebut pasti hanya sementara dan bisa hilang.

Berbeda jika kita cinta untuk melayani orang lain, karena rasa “suka” ataupun “cinta” itu tidak akan hilang.

"Ada perbedaan yang besar antara, apakah Anda mencintai pekerjaan hanya karena benefit atau upah yang didapat ataukah bekerja untuk melayani sesama manusia. Saya sangat meyakini hal itu," kata Cook.

Baca juga: Curhatan Tim Cook di Hari Ulang Tahun Steve Jobs

Jangan lupa bersenang-senang

Satu hal yang mungkin dilewatkan banyak orang di tengah kerja keras mengejar target adalah "bersenang-senang". Mungkin saja, hal itu terabaikan lantaran kesibukan dan tekanan tiggi dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Menurut Cook, tidak ada salahnya untuk meluangkan diri untuk bersenang-senang di tengah hiruk-pikuk pekerjaan. Cook mengatakan, hal itu akan berdampak positif pada produktivitas tim.

Selain itu, bersenang-senang sejenak juga bisa mengembalikan semangat penuh para pekerja, sehingga bisa bekerja dengan maksimal, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Inc, Minggu (1/1/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Inc.
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com