Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Wujud Samsung Galaxy A54 dan A34?

Kompas.com - 02/01/2023, 17:05 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Samsung dilaporkan bakal segera memperkenalkan perangkat kelas menengah (mid-range) terbarunya, yakni Samsung Galaxy A54 dan Galaxy A34 dalam waktu dekat.

Bocoran Galaxy A54 dan Galaxy A34 sudah beredar di internet. Salah satunya adalah desain kedua ponsel. Galaxy A54 konon bakal hadir dalam empat pilihan warna, yakni hitam, putih, ungu, dan lime.

Lime merupakan perpaduan warna putih, kuning, dan hijau, sehingga menyerupai campuran warna dari buah jeruk nipis dan lemon. Sedangkan, warna ungu yang dihadirkan tampak mirip dengan “Bora Purple” yang dihadirkan Galaxy Z Flip 3 dan Z Flip 4.

Baca juga: TM Roh: Fitur Flagship di Galaxy A, Strategi Samsung Hadapi Ponsel China

Untuk Galaxy A34, varian warna yang bakal dihadirkan juga cukup serupa, yakni hitam, ungu, lime, serta gradasi warna silver dengan warna jingga dan kuning, mirip Galaxy Note 10.

Menurut rumor, Galaxy A54 dan Galaxy A34 akan dibalut cangkang berbahan plastik, bukan kaca dan metal, seperti Galaxy Note 10, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Giz China, Senin (2/1/2023).

Pilihan-pilihan warna di atas cukup berbeda dengan pendahulunya, Galaxy A53 dan A33, yang kompak diluncurkan pada awal tahun 2022. Keduanya sama-sama hadir dengan warna hitam, putih, biru muda, dan peach (jingga pucat).

Bocoran tampilan desain dan warna baru dari Samsung Galaxy A34The Tech Outlook Bocoran tampilan desain dan warna baru dari Samsung Galaxy A34

Samsung Galaxy A54 dan Galaxy A34 kabarnya juga akan memiliki desain yang serupa. Kedua perangkat sama-sama dirancang dengan sudut yang membulat di setiap sisinya.

Lalu, di bagian punggung belakang, terdapat tiga sensor kamera yang diposisikan secara vertikal tanpa bilah penampang kamera. Artinya, sensor kamera tersebut dibenamkan langsung ke cangkang.

Sekilas, desain punggung yang diusung cukup serupa dengan bocoran dari ponsel kelas atas (flagship) bikinan Samsung, yaitu, Samsung Galaxy S23 series, yang dikabarkan bakal segera meluncur Februari 2023 nanti.

Baca juga: Tampang Asli Samsung Galaxy S23 Terungkap dalam Bocoran Iklan

Namun, terdapat perbedaan di bagian layar depan perangkat A-series ini. Galaxy A54 konon bakal dihiasi layar berlubang (punch hole) di bagian tengah atas. Sementara itu, Galaxy A34 hadir dengan poni menyerupai tetesan air (waterdrop).

Di sisi kanan perangkat, Galaxy A34 bakal memiliki dua tombol. Pertama, tombol yang lebih panjang diduga tombol pengatur volume suara. Kedua, tombol yang berukuran lebih kecil yang diyakini sebagai tombol daya.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy A54 dan Galaxy A34

Bocoran tampang Samsung Galaxy A54.
GSMArena x OnLeaks Bocoran tampang Samsung Galaxy A54.

Menurut bocoran spesifikasi yang beredar, Galaxy A34 disinyalir akan mengusung layar Super AMOLED berbentang 6,5 inci dengan resolusi Full HD (1080x2400 piksel) dan refresh rate 90 Hz. Layarnya akan dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Kamera yang dihadirkan terdiri dari tiga sensor, salah satunya beresolusi 48 MP dan kamera selfie 13 MP. Samsung Galaxy A34 juga disebut akan mengandalkan chipset bikinan Samsung, Exynos 1280 yang dipadu dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan 128 GB.

Perangkat menjalankan sistem operasi Android 12 dan ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000mAH dengan pengisian daya cepat (fast charging) hingga 33 watt.

Halaman:
Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com