Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Laptop Infinix INBook X2: Desain Ringkas, Pas Buat Mobilitas

Kompas.com - 02/01/2023, 19:20 WIB
Lely Maulida,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

 KOMPAS.com - Sejak 2021, Infinix memperluas lini produknya di Indonesia dengan menghadirkan laptop bertajuk INBook X1 series. Tahun 2022, perusahaan di bawah naungan Transsion Holdings itu juga meluncurkan suksesor dari laptop tersebut, yaitu INBook X2.

Infinix INBook X2 hadir dengan desain yang ramping dengan ketebalan hanya 14,8 mm dan bobot ringan 1,24 kg. Aspek desain ini juga menjadi salah satu aspek yang diunggulkan oleh Infinix dalam meluncurkan INBook X2.

Tak hanya aspek desainnya, laptop ini juga dibekali dengan berbagai spesifikasi yang mampu menunjang produktivitas pengguna, misalnya pada aspek layar yang lega dengan bezel tipis hingga dukungan fast charging untuk mengisi daya lebih cepat.

Saat diluncurkan, laptop ini hadir dalam tiga opsi CPU, yaitu Intel Core i3, Core i5 dan Core i7. Tim KompasTekno berkesempatan mencoba, selama beberapa bulan, Infinix INBook X2 varian Intel Core i3 dengan RAM LPDDR4X 4 GB dan penyimpanan internal 256 GB yang dibalut dalam kelir merah.

Baca juga: Infinix Luncurkan Laptop Tipis INBook X2, Harga Mulai Rp 5 Juta

Berikut ulasan pengalaman kami menggunakan Infinix INBook X2.

Desain dan layar

Seperti klaim perusahaan, Infinix INBook X2 memang didesain memiliki bodi yang tipis dan ramping. Kesan tipis dan ramping dari laptop ini juga terasa ketika pertama kali menggenggam perangkat dari boxnya.

Casingnya dibalut dengan material metal dan finishing matte, sehingga tidak begitu licin ketika digenggam tangan. Material ini juga membuat bodi laptop mudah dibersihkan dari kotoran maupun debu.

Akan tetapi, sebagian area punggung Infinix INBook X2 dibalut dengan finishing glossy, sehingga memberikan aksen yang cukup unik, menyertai penempatan merek "Infinix".

Tampilan punggung laptop Infinix INBook X2 varian warna merahKompas.com/Lely Maulida Tampilan punggung laptop Infinix INBook X2 varian warna merah

Ketika laptop dibuka, terdapat layar IPS berbentang 14 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), rasio aspek 16:9, tingkat kecerahan hingga 300 nits dan color gamut 100 persen sRGB. Dengan dukungan tersebut, layar laptop ini bisa menunjang tampilan saat siang atau saat layar terpapar cahaya, maupun malam hari dengan detail tampilan yang jelas.

Laptop ini juga menawarkan bezel layar yang cukup tipis berukuran 4,7 mm di hampir setiap sisi, sehingga tampilannya terkesan luas.

Layar Infinix INBook X2 berpanel IPS14 inci dengan resolusi Full HD ,dan rasio aspek 16:9Kompas.com/Lely Maulida Layar Infinix INBook X2 berpanel IPS14 inci dengan resolusi Full HD ,dan rasio aspek 16:9

Untuk keyboard-nya, Infinix INBook X2 menawarkan keyboard full-size berjenis chiclet atau datar dan kecil. Jarak antar tuts keyboardnya juga cukup berdekatan sehingga terasa nyaman dioperasikan. Selain itu, keyboard laptop ini juga dilengkapi dengan backlit alias lampu yang bisa membantu pengoperasian setiap tuts ketika pencahayaan minim maupun gelap.

Lampu keyboard itu bisa diatur manual oleh pengguna, semisal ingin menonaktifkan maupun sebaliknya.

Sementara itu tombol dayanya tersedia terpisah dari keyboard. Jenis tombolnya juga dibuat berbeda, sehingga meminimalisir tombol ditekan tanpa sengaja.

Adapun touchpad-nya dibuat cukup lega, sehingga pengguna bisa leluasa menavigasi laptop. Sayangnya konsep ini juga terkadang membuat telapak tangan menyentuh area touchpad, khususnya bagi pengguna dengan tangan yang lebar, sehingga agak mengacaukan kursor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com