Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telegram Rilis Fitur Baru, dari "Anti-Spoiler" hingga Sembunyikan Anggota Grup

Kompas.com - 03/01/2023, 14:01 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Telegram

KOMPAS.com - Telegram merilis beberapa fitur baru untuk penggunanya. Beberapa fitur baru Telegram di antaranya adalah fitur mengaburkan teks dan file media dalam tampilan chat, sehingga meminimalisasi bocoran alias spoiler.

Tak hanya itu, aplikasi pesan instan ini juga kini diperkaya dengan grafik diagram yang menunjukkan visual penggunaan memori. Menurut Telegram, fitur ini akan membantu pengguna "mengamankan" kapasitas penyimpanan perangkat dari file yang mungkin tidak begitu penting.

"Pembaruan ini menawarkan beberapa poin yang menyenangkan di tahun 2022: (fitur) media dengan efek spoiler, cara baru menghemat memori perangkat, alat gambar baru, gambar profil yang direkomendasikan dan banyak lagi," demikian keterangan Telegram mengumumkan pembaruan aplikasi, dikutip KompasTekno dari situs resminya, Selasa (3/1/2023).

Baca juga: Polisi China Razia Ponsel, Cek Aplikasi Instagram, Twitter, Telegram Warga

Ada pula fitur yang memungkinkan admin grup Telegram untuk menyembunyikan daftar grup guna menjaga privasi anggota.

Daftar fitur baru Telegram

  • Menyembunyikan media

Pembaruan Telegram menghadirkan fitur yang mendukung format anti-spoiler. Dengan fitur ini, Telegram akan menyamarkan teks, foto maupun video dengan "lapisan" yang tampak berkilau.

Fitur baru Telegram bisa sembunyikan preview file mediaKompas.com/Lely Maulida Fitur baru Telegram bisa sembunyikan preview file media

Bila pengguna ingin menggunakan format ini, pengguna bisa memilih opsi "Hide with Spoiler" sebelum mengirimkan file yang diinginkan. Adapun penerima pesan pelu mengetuk file anti-spoiler itu, sehingga file tersebut terbuka dan bisa dilihat dengan jelas.

  • Hemat memori

Telegram melengkapi aplikasinya dengan diagram yang memvisualisasikan kapasitas memori yang digunakan aplikasi. Dari situ, pengguna bisa melihat file apa saja yang paling banyak memakan ruang penyimpanan hingga yang paling minim.

Fitur baru TelegramTelegram Fitur baru Telegram

Dengan begitu, pengguna bisa menghapus file yang besar hanya dalam beberapa tahapan.

  • Alat gambar baru

Fitur edit gambar di Telegram juga diperbarui dengan sejumlah alat baru. Kini pengguna bisa mengubah ukuran teks, mengubah font, menambahkan efek buram, hingga menambahkan emoji animasi. Ada pula tombol "+" yang memungkinkan pengguna menambah item lain pada gambar seperti persegi panjang, panah, bintang dan item lainnya.

Fitur baru Telegram bisa edit gambar lebih menarikTelegram Fitur baru Telegram bisa edit gambar lebih menarik

Ke depannya Telegram berkata akan meningkatkan lagi kinerja fitur edit di aplikasi serta menyempurnakan antarmukanya (UI).

Baca juga: Cara Membagikan File Telegram ke WhatsApp

  • Foto profil khusus

Mengganti foto profil sendiri di aplikasi pesan instan merupakan hal yang biasa. Di Telegram, pengguna bisa mengganti foto profil pengguna lainnya. Namun praktik ini hanya akan tampil khusus untuk pengguna terkait, bukan untuk semua pengguna.

Misalnya Anda mengubah foto profil Telegram ibu Anda dengan gambar hati. Nah, foto tersebut hanya akan berubah dari aplikasi Telegram Anda saja. Adapun bagi kontak lainnya, gambar profil asli ibu Anda lah yang tampil di aplikasi Telegram.

Fitur baru Telegram bisa ubah gambar profil kontak lainTelegram Fitur baru Telegram bisa ubah gambar profil kontak lain

Fitur ini bisa ditemukan pada menu Profil kontak > Edit > Atur foto untuk (Set Photo for...) pada kontak terkait di Telegram.

Masih terkait dengan foto profil, pengguna juga bisa mengatur agar foto profilnya bisa dilihat semua kontak atau hanya kontak tertentu saja. Dalam pembaruan ini, pengguna bisa mengecualikan semua kontak atau beberapa kontak dan grup saja agar tidak semua kontak bisa melihat foto profil.

Opsi itu tersedia di Telegram pada menu Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Foto Profil.

  • Sembunyikan anggota grup

Admin grup Telegram kini dibekali kemampuan untuk menyembunyikan daftar anggota. Namun fitur ini berlaku untuk grup dengan 100 anggota lebih. Dengan fitur ini, hanya admin yang bisa mengetahui siapa saja anggota yang ada di dalam grup, kecuali mereka mengirim pesan di grup.

Fitur baru TelegramTelegram Fitur baru Telegram

  • Emoji baru

Yang tak kalah menarik, Telegram juga merilis aneka emoji baru melalui pembaruan aplikasi. Menurut keterangan perusahaan, pengguna Telegram premium akan mendapat 10 paket emoji animasi.

Item ini bisa diperoleh pengguna melalui tab emoji di panel stiker Telegram. Selain itu, Telegram juga memoles emoji reaction menjadi lebih interaktif.

Emoji baru TelegramTelegram Emoji baru Telegram

Semua pembaruan ini sudah dirilis Telegram sejak 30 Desember 2022 baik untuk pengguna iOS maupun Android. Pengguna bisa mengecek pembaruan aplikasi melalui toko aplikasi Play Store maupun App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegram


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com