Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melacak iPhone Teman atau Keluarga yang Hilang dengan Find My

Kompas.com - 03/01/2023, 18:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apple membekali iPhone dengan segudang fitur yang memudahkan pengguna, salah satunya seperti Find My. Sekitar akhir bulan lalu, fitur pelacakan lokasi iPhone itu berhasil membantu menemukan seorang wanita yang jatuh ke jurang.

Awalnya, wanita tersebut berkendara pada malam perayaan Natal dan mengalami kecelakaan mobil di wilayah perbukitan San Bernardino, California. Ia bersama mobilnya jatuh sekitar 60 meter dari di sisi jalan ke daerah bawah bukit.

Baca juga: Ramai iPhone Tak Bisa Buat Story IG Pakai Kamera Depan-Belakang, Benarkah HDC?

Titik lokasi wanita itu ditemukan pihak keluarga melalui Find My di iPhone setelah berusaha menghubunginya lantaran tak kunjung sampai ke rumah usai merayakan acara bersama. Berita ini bisa dibaca lebih lengkap di tautan berikut.

Find My pada dasarnya tidak hanya dapat dipakai untuk melacak iPhone pribadi. Dari kasus di atas, Find My juga bisa digunakan untuk mengetahui lokasi terkini dari iPhone milik pengguna lain seperti teman atau keluarga.

Setidaknya Find My bisa dimanfaatkan dalam dua kondisi, yaitu melacak lokasi keberadaan pengguna lain yang sedang membawa iPhone (seperti yang terjadi pada kasus di atas) atau melacak iPhone pengguna lain yang hilang.

Lantas, bagaimana cara mencari iPhone yang hilang atau melacak lokasi pengguna lain dengan Find My? Langkah awalnya adalah pengguna perlu saling berbagi lokasi dengan kontak teman atau keluarga di aplikasi Find My.

Setelah itu, pengguna bisa langsung melihat lokasi iPhone terkini milik teman atau keluarga pada peta yang terdapat di Find My. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara melacak iPhone teman atau keluarga yang hilang dengan Find My.

Cara melacak iPhone teman atau keluarga yang hilang dengan Find My

  • Buka aplikasi Find My di iPhone.
  • Pilih menu “Orang” dan klik opsi “Mulai Berbagi Lokasi”.
  • Setelah itu, tambahkan kontak teman atau keluarga yang juga menggunakan iPhone. Kontak tersebut harus telah terdaftar di Apple ID.
  • Selanjutnya, pilih durasi waktu berbagi lokasi dengan pengguna lain di Find My. Lokasi terkini bisa dibagikan selama satu jam, akhir hari, hingga tanpa batas waktu.
  • Kemudian, pengguna lain bakal menerima undangan berbagi lokasi di aplikasi Find My miliknya.
  • Saat undangan itu disetujui, kedua belah pihak bakal bisa melihat masing-masing lokasi iPhone terkini. Informasi lokasi ini bisa dimanfaatkan bila ingin mengetahui keberadaan teman atau iPhone miliknya yang hilang.
  • Pengguna bisa menambahkan hingga beberapa teman atau anggota keluarga untuk berbagi lokasi di Find My.

Ilustrasi cara melacak iPhone teman atau keluarga yang hilang dengan Find My.apple.com Ilustrasi cara melacak iPhone teman atau keluarga yang hilang dengan Find My.

Baca juga: 6 Perbedaan iPhone “Ex-inter” dan iPhone Resmi Indonesia yang Perlu Diketahui

Itulah cara melacak iPhone teman atau keluarga yang hilang dengan menggunakan Find My. Sebagai informasi tambahan, pengguna bisa mengakhiri berbagi lokasi dengan cara mengetuk opsi “Berhenti Bagikan Lokasi pada kontak terkait di Find My.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com