Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja Fitur Find My untuk Lacak iPhone dan MacBook

Kompas.com - 05/01/2023, 15:31 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone atau perangkat pintar (smart device) pada umumnya dibekali dengan fitur yang bisa melacak keberadaan perangkat tersebut.

Perangkat buatan Apple, seperti iPhone, iPad, Apple Watch, dan MacBook ada fitur bernama Find My yang bisa digunakan untuk melacak lokasi perangkat-perangkat tersebut.

Belakangan, fitur Find My menjadi perbincangan di internet, lantaran berhasil menolong seorang wanita pengguna iPhone asal Amerika Serikat (AS) yang mengalami kecelakaan mobil tunggal dan jatuh ke dalam jurang.

Ia selamat setelah pihak keluarga mengaktifkan fitur Find My, demi mencari seorang anggota keluarganya yang tak kunjung datang tersebut, yang ternyata sedang mengalami kecelakaan.

Yang tak kalah menarik, fitur Find My juga sempat dimanfaatkan aparat kepolisian kota San Antonio, Texas, AS untuk melacak aksesori AirPods yang digondol maling.

Sejatinya, fitur Find My sudah disematkan ke dalam berbagai perangkat Apple. Lantas, bagaimana sebenarnya cara kerja fitur Find My Apple?

Menggunakan koneksi internet dan jaringan Find My

Sebagaimana tertera di laman resmi Apple Support, Find My mengandalkan koneksi internet untuk melacak iPhone atau perangkat Apple lainnya yang terhubung dengan akun Apple.

Jika iPhone yang hilang atau hendak dicari tersambung dengan jaringan internet (online), maka sang pencari iPhone tersebut bisa melacak lokasi perangkat secara langsung pada tampilan Maps di aplikasi Find My.

Pengguna lantas bisa memilih perangkat yang dicari, dan mengaktifkan fitur navigasi di Maps untuk langsung diarahkan menuju lokasi perangkat tersebut.

Namun apabila iPhone yang ingin dicari tidak tersambung dengan jaringan internet (offline), maka pengguna akan diinformasikan kapan terakhir kali perangkat tersebut terhubung dengan jaringan internet atau jaringan Find My.

Find My bisa lacak iPhone yang dimatikan atau tidak ada internet?

Ilustrasi cara melacak iPhone atau iPad yang hilang melalui Find My.apple.com Ilustrasi cara melacak iPhone atau iPad yang hilang melalui Find My.

Secara rinci, ketika iPhone yang hilang dalam posisi offline, maka fitur Find My akan bisa mengirimkan lokasi iPhone tersebut ke iPhone atau perangkat Apple lainnya yang berdekatan.

Apple tidak menjelaskan bagaimana iPhone bisa mengirimkan informasi lokasi dengan perangkat Apple lainnya tanpa koneksi internet.

Namun, cara kerja Find My di posisi iPhone offline ini konon bakal mengandalkan beberapa fitur konektivitas iPhone yang tersedia macam Bluetooth, NFC, dan lain sebagainya .

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com