Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Mirip Speaker Ini Bisa Terjemahkan Tangisan Bayi

Kompas.com - Diperbarui 10/01/2023, 06:32 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pameran teknologi dan elektronik tahunan untuk konsumer atau Consumer Electronics Show (CES) tahun ini kembali digelar di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) pada 8-11 Januari 2023.

Tak hanya menampilkan perangkat dengan teknologi mutakhir, ajang ini juga menjadi tempat bagi perusahaan untuk memamerkan sederet teknologi yang unik.

Di antara teknologi unik yang menarik perhatian di CES 2023 yaitu perangkat yang bisa mengenali tangisan bayi, disebut Q-bear.

Q-bear merupakan perangkat bikinan perusahaan Taiwan Quantum Music, yang dirancang sebagai penerjemah tangisan bayi. Agar bisa mengenali tangisan bayi, Q-bear dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI).

Baca juga: Penerjemah Tangisan Bayi dan Lengan Robot Jadi Finalis Imagine Cup 2018

"Kami membuat Q-bear untuk membantu orang tua memahami bayi mereka dan memberikan lebih banyak dukungan kepada orang tua dan anak," kata CEO Quantum Music, Hikari Tsai, dikutip KompasTekno dari Daily Mail, Jumat (6/1/2023).

Desain Q-bear dilapisi dengan lapisan silikon sehingga memiliki permukaan yang lembut. Sekilas, perangkat ini seperti speaker yang berbentuk bulat dengan tali dan penyangga berukuran besar, sehingga bisa dipasang di tempat tidur bayi maupun stroller.

Secara umum, Q-bear mengategorikan tangisan bayi dalam empat macam indeks, yaitu lapar, popoknya kotor, mengantuk atau membutuhkan kenyamanan. Terjemahannya akan dihasilkan 10 detik sejak bayi menangis, dengan akurasi mencapai 95 persen.

Qbear, alat penerjemah tangisan bayiMashable Qbear, alat penerjemah tangisan bayi

Perusahaan pembuat Q-bear mengeklaim kemampuan alatnya itu akan semakin meningkat seiring dengan seringnya pengguna memakai Q-bear.

Selain menerjemahkan tangisan bayi, Q-bear juga diklaim mampu merekam tingkat kesehatan bayi. Misalnya seberapa tingkat kantuk bayi atau seberapa nyamannya bayi saat itu.

Baca juga: Bayi Menangis, Aplikasi Ini Tahu Penyebabnya

Kemampuan lainnya yaitu memutar lagu pengantar tidur secara otomatis, merekam suara orang tua dan memutarnya kembali ketika diperlukan, mendeteksi suhu kamar bayi hingga memberikan penerangan saat malam hari. Q-bear juga mendukung asisten suara Alexa.

Semua data yang dihimpun Q-bear dapat dilihat pengguna melalui aplikasi Q-bear, termasuk data pribadi sang bayi. Orang tua juga akan menerima notifikasi melalui aplikasi itu.

Terlepas dari kecanggihan yang ditawarkan Q-bear, alat ini hanya bisa mengategorikan empat indeks tangisan bayi. Jadi, bisa saja alat ini tak mampu mengenali makna tangisan bayi di luar empat makna yang sudah dilatih.

Ketersediaan dari Q-bear juga belum diumumkan oleh perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com