Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo ThinkPhone Meluncur, HP Android yang Bisa Nyambung Laptop ThinkPad

Kompas.com - 06/01/2023, 07:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Lenovo resmi mengumumkan smartphone Android terbarunya bernama ThinkPhone. Ponsel buatan Motorola ini dibekali dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh seri laptop Lenovo ThinkPad.

Pada aspek desain, misalnya, ThinkPhone diklaim sama tangguhnya dengan ThinkPad. Sebab, ponsel yang memiliki warna Carbon Black ini mengadopsi material cangkang berbahan serat yang diklaim lebih kokoh dari baja. Kemudian, bagian bingkai ponsel ini mengadopsi material aluminum.

Selain mempunyai desain dengan "DNA" laptop ThinkPad, ThinkPhone juga dibekali dengan beragam fitur yang bisa mempermudah serta meningkatkan produktivitas pengguna laptop ThinkPad, salah satunya adalah fitur bernama Think 2 Think.

Baca juga: Laptop Legendaris ThinkPad Ternyata Terinspirasi Kotak Makan Jepang

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengintegrasikan ThinkPhone dengan laptop ThinkPad, supaya mereka bisa mentransfer foto, dokumen, teks, dan lain sebagainya dari ponsel ke laptop dengan mudah.

Secara spesifikasi, ThinkPhone mengusung layar OLED 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 144 Hz. Layar ini mendukung fitur HDR10+ dan sudah dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus.

Di sektor kamera, ThinkPhone dibekali dengan tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 13 MP (f/2.2), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). Pada bagian depan ponsel ini, terdapat kamera selfie beresolusi 32 MP (f/2.5).

Ilustrasi laptop Lenovo ThinkPad dengan ponsel ThinkPhone.GSMArena Ilustrasi laptop Lenovo ThinkPad dengan ponsel ThinkPhone.

Untuk urusan performa, ThinkPhone mengandalkan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dipadukan dengan dua opsi RAM 8 GB/12 GB, serta tiga opsi media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB/512 GB.

Baca juga: 5 Besar Vendor PC Global Kuartal-II 2022, Lenovo Teratas

Fitur pendukung lainnya yang ada di ThinkPhone mencakup tingkat ketahanan terhadap air dan debu dengan rating IP68, sertifikasi tingkat ketahanan MIL-STD 810H, tombol fisik yang fungsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan masih banyak lagi.

Meski sudah diumumkan ke publik, Lenovo belum mengumbar berapa harga Lenovo ThinkPhone.

Hal ini terbilang wajar karena ponsel yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 ini menargetkan konsumen di segmen perusahaan alias Business to Business (B2B), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Jumat (6/1/2023).

Rencananya, ponsel ini bakal dipasarkan di sejumlah wilayah mencakup Amerika Serikat, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan beberapa negara di wilayah Asia.

Perangkat ini dijanjikan Lenovo bakal dirilis dalam beberapa bulan ke depan. Namun, Lenovo tidak menyebutkan kapan tanggal perilisan pastinya dan berapa harganya. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com