Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fitur Eksklusif yang Bakal Hadir di iPhone 15 Pro

Kompas.com - 10/01/2023, 12:02 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Apple resmi memperkenalkan iPhone 14 series pada September 2022. Meski masih terbilang baru, bocoran soal suksesornya yang diduga bakal mengusung nama iPhone 15, sudah mencuat di internet.

Bocoran fitur dari iPhone 15 juga sudah beredar di internet. Bila dirangkum dari berbagai bocoran yang ada, terdapat enam fitur eksklusif yang akan hadir di model tertingginya, yakni iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Beberapa bocoran fitur yang sudah beredar, misalnya chip baru Apple yang kemungkinan disebut A17 Bionic, bingkai titanium, hingga kamera yang dilengkapi lensa telefoto periskop. Berikut rincian fitur eksklusif yang diyakini bakal melengkapi iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Baca juga: Apple Putar Otak Bikin Strategi Harga Baru, iPhone 15 Plus Bakal Lebih Murah?

Bocoran fitur iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

  • Chip A17 Bionic

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max diyakini akan hadir dengan chip A17 Bionic. Chip ini merupakan suksesor dari A16 Bionic yang dipakai pada iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Chip A17 Bionic sendiri kabarnya akan dirancang dengan proses fabrikasi 3 nm besutan perusahaan semikonduktor TSMC.

Dengan dukungan tersebut, secara teori iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menawarkan kinerja yang lebih tinggi dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibanding generasi sebelumnya.

  • Bingkai titanium

Selain peningkatan dalam aspek "jeroan", desain iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max juga akan ditingkatkan. Peningkatan yang dimaksud yaitu penggunaan material titanium pada bingkai ponsel, seperti material yang dipakai Apple untuk Watch Ultra.

  • Memori besar

Menurut firma riset TrendForce, model iPhone 15 Pro akan hadir dengan RAM hingga 8 GB. Namun versi reguler (iPhone 15 dan iPhone 15 Plus) masih akan dibekali RAM 6 GB.

Dengan tambahan RAM, berbagai aplikasi seperti Safari akan mampu menyimpan lebih banyak kontan aktif untuk berjalan di sistem background.

Baca juga: Bentuk iPhone 15 Ultra Bakal Mirip Xiaomi 13?

  • Kamera telefoto periskop

Menurut analis yang kerap membocorkan produk Apple, Ming-Chi Kuo, iPhone 15 Pro Max akan dilengkapi lensa telefoto periskop. Dukungan ini akan memungkinkan iPhone menunjang perbesaran gambar optik 6x, meningkat dari iPhone 14 Pro yang menawarkan zoom optik 3x.

  • Port USB-C

Selain beberapa poin di atas, iPhone 15 Pro series juga akan mengusung port USB-C yang mendukung USB 3.2 atau Thunderbolt 3.

Dengan begitu, ponsel ini akan menunjang transfer data yang lebih cepat. Adapun iPhone 15 reguler dan Plus kabarnya hanya dibekali port USB-C dengan kecepatan standar USB 2.0.

  • Tombol solid-state

Duo iPhone 15 Pro juga dirumorkan akan mengusung tombol volume dan daya solid-state. Tombol ini akan berfungsi seperti sensor Touch ID pada iPhone SE (2022), dengan tambahan Taptic Engines.

Dengan begitu, pengguna bisa memakai tombol yang sama untuk menjalankan perintah yang berbeda, dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Selasa (10/1/2023).

Sejauh ini Apple belum memberikan bocoran terkait suksesor iPhone 14 series. Jadwal peluncuran ponsel itu juga belum diungkap oleh perusahaan, meskipun ada kemungkinan, iPhone 15 series dirilis September tahun ini bila mengacu tradisi Apple.

Jadi, berbagai bocoran spesifikasi dan fitur iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max di atas, baru akan terbukti ketika Apple meluncurkan ponsel ini secara resmi nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com