Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lama Android Ini Baru Hadir di iPhone 16 pada 2024 Nanti

Kompas.com - 11/01/2023, 17:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Apple nampaknya tidak akan menggunakan standar memori RAM terbaru, LPDDR5X di seri iPhone 15 keluaran tahun ini (2023). iPhone 15 masih akan menggunakan memori RAM lama seperti di iPhone 14, yaitu LPDDR5 (versi Pro) atau LPDDR4X (versi non-Pro).

Hal itu diunggah oleh salah seorang tipster gadget ulung dengan handle @ShimpApplePro. Dalam twit yang kini sudah dihapus itu, ia mengatakan memori standar RAM LPDDR5X baru akan dipakai Apple di iPhone 16 keluaran 2024 mendatang.

Padahal, standar memori RAM LPDDR5X yang dikenalkan akhir 2022 lalu, disudah dipakai di kebanyakan ponsel flagship Android saat ini, seperti Xiaomi 13 Pro, OnePlus 11, iQoo 11 Pro 5G, Oppo Reno 9 Pro Plus, dan sebagainya.

RAM LPDDR5X baru akan dihadirkan Apple di seri iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Ultra (iPhone 16 reguler tidak) pada akhir 2024 nanti. Standar industri saat itu nanti mungkin sudah mengadopsi RAM LPDDR jenis baru lagi, bukan lagi LPDDR5X.

Baca juga: 6 Fitur Eksklusif yang Bakal Hadir di iPhone 15 Pro

Untuk iPhone 15 Pro keluaran tahun ini, meskipun masih mengusung jenis RAM lawas, namun ponsel tersebut dikatakan memiliki kapasitas RAM yang lebih besar, yakni 8 GB. Sebelumnya iPhone 14 Pro memiliki RAM yang mentok di angka 6 GB.

Sementara untuk chipset, iPhone 15 versi Pro dikabarkan bakal menggunakan chipset Apple A17 Bionic yang dirancang dengan fabrikasi N3B oleh TSMC, produsen chipset utama Apple yang berbasis di Taiwan.

Dikutip KompasTekno dari MacRumors, Rabu (11/1/2023), chip Apple A18 Bionic yang lebih baru dengan fabrikasi 3 nm, baru akan dipasang di iPhone 16 pada 2024 mendatang.

Baca juga: Transfer Data di iPhone 15 Pro Bakal Lebih Ngebut

Beberapa pihak sempat mengkhawatirkan rumor tersebut benar-benar terjadi. Sebab, selama ini Apple selalu dianggap dapat melakukan terobosan dan membuat perangkatnya memiliki performa yang lebih tinggi, dibandingkan kebanyakan ponsel pada umumnya.

Bocoran spek iPhone 15

Ilustrasi konektor Lightning di iPhone.CNBC Ilustrasi konektor Lightning di iPhone.

Selain aspek dapur pacu, bocoran lain mengenai iPhone 15 juga sudah muncul. Salah satunya, port pengisian daya yang dimiliki perangkat bakal menggunakan USB-C. Setidaknya, begitulah prediksi yang diungkap analisis kenamaan Apple, Ming-Chi Kuo beberapa waktu lalu.

Baca juga: Apple Pastikan iPhone Pakai USB-C Mulai Tahun Depan

Menurut Kuo, Apple tengah beralih ke USB-C dan tidak lagi menggunakan port khas Apple, yakni Lightning. Pernyataan senada juga disampaikan oleh reporter teknologi Bloomberg, Mark Gurman.

Mark mengungkapkan bahwa iPhone 15 bakal menggunakan USB-C di tahun ini. Perubahan tersebut dilakukan guna mematuhi UU Uni Eropa yang mewajibkan seluruh perangkat yang diperjualbelikan di wilayahnya untuk menggunakan port USB-C untuk mengisi daya atau mentransfer data.

Namun, karena sejumlah informasi di atas masih bersifat rumor. Masih ada kemungkinan berubah di masa mendatang. Mengingat, Apple sendiri juga belum meluncurkan iPhone 15 series-nya ke publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com