Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Baru yang Ditunggu-tunggu Pengguna

Kompas.com - 12/01/2023, 11:30 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp kabarnya sedang menyiapkan serangkaian fitur baru. Salah satunya adalah fitur yang banyak ditunggu pengguna, yakni transfer chat tanpa perlu backup terlebih dahulu.

Biasanya, untuk memindahkan chat WA ke ponsel baru, pengguna wajib melakukan backup lewat Google Drive terlebih dahulu. Kemudian, hasil backup dari ponsel lama tersebut di-restore di ponsel baru.

Nah, cara ini tentu memerlukan waktu yang lebih lama. Apalagi, jika jumlah history chat yang di-backup dalam jumlah besar dan koneksi internet saat melakukan backup lambat.

Baca juga: Apa Fungsi Fitur Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Kerjanya?

WABetaInfo menemukan fitur ini di WhatsApp beta Android versi 2.23.1.25 dan 2.23.1.26.

Dalam bocoran gambar screenshot yang dibagikan, untuk menggunakan fitur transfer chat tanpa backup pengguna hanya perlu memindai (scan) kode QR untuk mengalihkan data WhatsApp ke perangkat Android yang baru.

WhatsApp diketahui tengah mempersiapkan fitur untuk memindahkan riwayat percakapan dari perangkat lama ke perangkat baru tanpa perlu backup di cloud. WABetaInfo WhatsApp diketahui tengah mempersiapkan fitur untuk memindahkan riwayat percakapan dari perangkat lama ke perangkat baru tanpa perlu backup di cloud.

Jika fitur ini dirilis, akan dibuat lebih praktis lagi dibanding cara transfer data yang sudah ada.

Menu transfer data itu nantinya akan tersedia dalam menu Pengaturan (Setting) > Obrolan (Chat) > Transfer chat ke Android > pindai kode QR yang tersedia.

Fitur lain

Selain transfer data, aplikasi pesan instan itu juga dilaporkan sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna melaporkan WA Status yang melanggar pedoman WhatsApp. Sebab, selama ini konten yang bisa dilaporkan baru meliputi kontak atau media tertentu.

Fitur lainnya yang sedang dirancang WhatsApp yaitu fitur untuk menyimpan pesan yang sebelumnya dihilangkan dari sistem WhatsApp. Berikut rinciannya.

Melaporkan WA Status

Seperti aplikasi Meta lainnya, WhatsApp juga diperkaya dengan fitur yang menampilkan konten selama 24 jam ke depan. Di WhatsApp, fitur ini disebut sebagai WhatsApp Status.

Baca juga: 22 Fitur Baru WhatsApp, Mulai dari Keluar Grup Diam-diam Hingga Avatar

Fitur ini juga cukup banyak dipakai pengguna untuk sekadar berbagi konten atau untuk sebagai media penjualan bagi pelaku bisnis. Tak jarang pula pengguna yang "nakal" memakai WA Status untuk membagikan konten terlarang.

Untuk itu, WhatsApp sedang menyiapkan fitur yang bisa membuat pengguna melaporkan konten terlarang yang mungkin diunggah di WA Status. Konten terlarang yang dimaksud misalnya yang memuat ujaran kebencian, pelecehan dan lain sebagainya.

Fitur ini masih dalam tahap pengembangan, tetapi sudah bisa dicoba pada aplikasi WhatsApp beta baik untuk Android maupun dekstop. Setelah fitur ini dirilis, pengguna akan mendapati tombol "lapor" dalam menu yang tersedia di tampilan WA Status.

Menyimpan pesan sementara

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com