Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Planet Baru di Luar Tata Surya yang Ditemukan NASA Sepanjang 2022

Kompas.com - 12/01/2023, 17:05 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2022, NASA dan badan antariksa lainnya menemukan aneka planet di luar tata surya alias exoplanet. Jumlahnya mencapai lebih dari 5.000 planet, termasuk super-Earth.

Temuan itu diperoleh berkat pengamatan menggunakan teleskop khusus, seperti teleskop Kepler NASA hingga teleskop Webb.

Tahun 2022 lalu, NASA menemukan sekitar 5.000 exoplanet. Kendati sudah ribuan yang ditemukan, diperkirakan masih ada satu triliun lebih exoplanet di galaksi Bima Sakti.

Eksplorasi yang didukung pula oleh teleskop angkasa paling canggih buatan NASA, James Webb ini juga memberikan informasi baru bagi para ilmuwan, tentang planet-planet yang masih misterius ini.

Baca juga: 3 Game Gratis PS Plus Februari 2022, Ada Planet Coaster Console Edition

Berikut beberapa planet di luar tata surya yang ditemukan NASA di tahun 2022 lalu.

Exoplanet yang ditemukan di 2022

  • 1. WASP-121 b

WASP-121 b adalah exoplanetraksasa yang berjarak sekitar 855 tahun cahaya dari Bumi. Planet di luar tata surya ini juga dikenal sebagai "Jupiter panas" karena memiliki komponen gas dan mengorbit bintang panas.

Planet ini menyerupai bulan yang mengorbit bumi, namun gerakannya terkunci pada satu sisi. Jadi, satu sisi WASP-121 b terpapar panas, sementara sisi lainnya gelap dan dingin.

Uniknya, exoplanet ini juga memiliki awan logam dan permata, khususnya pada sisi yang dingin tadi.

Thomas Mikal-Evans, Astronom dari Max Planck Institute mengatakan bahwa logam yang terdeteksi pada exoplanet ini di antaranya magnesium, besi, vanadium, kromium, dan nikel.

Sayangnya wujud dari awan logam itu sendiri belum dapat dipastikan oleh para ilmuwan, karena di dekat tata surya kita, tidak ada contoh yang mirip.

Namun Mikal-Evans menaksir bahwa awan itu menyerupai badai debu Bumi dengan warna biru, merah, abu atau hijau. Awan itu kabarnya bisa menjadi padat kemudian memuai dan menetes ke langit seperti hujan.

  • 2. Planet bola rugbi

Sebagian besar planet diyakini berbentuk bulat, tetapi berbeda bagi exoplanet WASP-103b. Disebut berbeda karena bentuk planet ini bulat lonjong sebagaimana bola rugbi.

Menurut pengamatan dari teleskop Cheops milik badan antariksa Eropa, exoplanet ini berukuran dua kali lipat lebih besar dari Jupiter dan bintangnya membesar hanya dalam sehari.

Perilaku ini membuat tarikan ekstrem pada planet, sehingga bentuk planet berubah menjadi seperti bola rugbi dari semula berbentuk bulat.

  • 3. Super Neptunus

Exoplanet ini dinamakan Super Neptunus karena ukurannya yang lebih besar dari planet Neptunus. Exoplanet ini juga memiliki uap air pada atmosfernya, sehingga menjadikannya unik dibanding planet lain.

Halaman:
Sumber MASHABLE


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com