Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacBook dengan Layar Sentuh Meluncur 2025

Kompas.com - 13/01/2023, 15:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Apple dilaporkan sedang menggarap perangkat komputer atau laptop Mac yang dilengkapi layar sentuh. Perangkat ini kabarnya bakal dijual pada tahun 2025 sebagai MacBook Pro.

Laporan itu diutarakan oleh jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, melalui akun Twitter pribadi berhandle @markgurman. Gurman berkata bahwa layar sentuh Mac akan dilengkapi teknologi OLED, berbeda dari MacBook Pro 14 dan 16 saat ini yang memakai layar Mini LED.

"Apple sedang mengerjakan Mac pertamanya dengan layar sentuh. Perusahaan memiliki tim yang mengerjakan MacBook Pro baru dengan layar sentuh untuk dirilis tahun 2025," tulis Gurman di Twitter.

Baca juga: Apple Naikkan Harga Ganti Baterai iPhone, iPad, dan MacBook

Sejauh ini, proyek MacBook dengan layar sentuh masih dalam tahap awal diskusi di antara para insinyur Apple. Dengan demikian, belum ada keputusan final terkait konsep dari laptop Apple itu.

Meski demikian, Gurman memperkirakan MacBook Pro yang akan dilengkapi layar sentuh itu bakal didesain seperti MacBook Pro saat ini. Jadi, perbedaan aspek desainnya hanya pada komponen layar yang dibekali dukungan input sentuh saja.

Terlepas dari desainnya, MacBook Pro dengan layar sentuh juga akan dibekali peningkatan aneka fitur.

Bila bocoran ini benar-benar direalisasikan oleh Apple, maka MacBook Pro berlayar sentuh akan mencetak sejarah bagi perusahaan.

Pasalnya, pendiri Apple, Steve Jobs menentang konsep komputer berlayar sentuh karena kurang ergonomis.

Baca juga: 4 Penyebab MacBook Lemot dan dan Cara Mengatasinya

Pernyataan yang sama juga diutarakan oleh kepala software Apple, Craig Federighi, yang menyatakan pihaknya tidak menyukai layar sentuh.

"Kami merasa ergonomi penggunaan Mac adalah tangan Anda diletakkan di atas permukaan, dan mengangkat lengan Anda untuk menyentuh layar adalah hal yang cukup melelahkan," ujar Federighi.

Pada Oktober 2022, Federighi juga mengelak bahwa Apple akan memasang layar sentuh untuk perangkat laptop Mac. "Siapa bilang?," kata Federighi ketika ditanya apakah Mac akan dilengkapi layar sentuh.

Alih-alih memasang layar sentuh ke laptop, Apple merancang Touch Bar ke Mac pada tahun 2016. Namun, fitur itu dihapus di MacBook Pro 14 dan 16 inci pada tahun 2021.

Terlepas dari absennya fitur sentuh pada layar MacBook, penjualan laptop Apple tetap tumbuh positif, khususnya ketika Apple beralih memakai prosesor buatan sendiri.

Pasalnya, peralihan itu sukses membuat masa pakai baterai MacBook meningkat dan meminimalisasi suhu panas berlebih.

Bisnis komputer Mac sendiri berkontribusi menghasilkan pendapatan sebesar 50,1 miliar selama tahun fiskal 2022 bagi Apple. Angka ini naik 14 persen dibanding tahun 2021, dihimpun KompasTekno dari CNBC, Jumat (13/1/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com