Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Uninstal Aplikasi di Laptop Windows 10

Kompas.com - 14/01/2023, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Untuk melakukan pekerjaan sehari-hari di laptop, tentunya pengguna menggunakan sebuah aplikasi yang bisa menunjang pekerjaan Anda.

Dalam beberapa saat pengguna mungkin membutuhkan beberapa aplikasi karena tuntutan pekerjaan. Akan tetapi, beberapa hari atau minggu selanjutnya, aplikasi tersebut jarang Anda gunakan. Bahkan lebih dari enam bulan sudah tidak terpakai.

Maka dari itu, untuk menghindari ruang penyimpanan yang penuh, Anda perlu menghapus dan mencopot beberapa aplikasi dalam perangkat. Mencopot pemasangan sebuah aplikasi yang tidak lagi digunakanmerupakan salah satu bentuk perawatan paling dasar yang bisa dilakukan.

Dengan begitu, Anda bisa memiliki banyak ruang lebih untuk aplikasi-aplikasi dan data-data yang sering Anda gunakan. Selain itu, pencopotan aplikasi pun bisa menghindari kerja laptop yang lambat akibat penuhnya ruang penyimpanan.

Lantas bagaimana cara uninstal aplikasi di laptop Windows 10? Selengkapnya KompasTekno merangkum tutorialnya. 

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Pencarian Windows 10 Tidak Bisa Diketik

Cara unistal aplikasi di Windows 10

cara uninstal aplikasi di windows 10Kompas.com/soffyaranti cara uninstal aplikasi di windows 10

  • Klik “Start” atau logo Windows pada bagian pojok kiri bawah
  • Pilih opsi “Pengaturan” atau tekan Windows+I pada papan keyboard
  • Pilih opsi “Apps” atau “Aplikasi
  • Buka “Application and featured” atau “Aplikasi dan fitur” pada menu bar sebelah kiri dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di perangkat
  • Klik aplikasi yang ingin Anda uninstall
  • Klik “Uninstall”
  • Klik “Uninstall” lagi untuk meyakinkan perangkat dan proses pencopotan aplikasi akan berjalan di jendela pengaturan baru
  • Klik “Yes” apabila Anda diminta oleh kontrol akun pengguna untuk mengizinkan installer melakukan perubahan pada perangkat Anda
  • Tunggu beberapa saat hingga proses uninstal aplikasi selesai

Baca juga: Akhir Windows 7 dan Windows 8, Dukungan Disetop Seminggu Lagi


Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Folder Program Files di Windows Dihapus

Baik proses pemasangan maupun pencopotan aplikasi, umumnya memakan waktu beberapa menit. Hal ini tergantung dari aplikasi yang diuninstal, perangkat yang digunakan, dan kecepatan jaringan WiFi ketika sedang mengunduh aplikasi baru.

Mencopot beberapa aplikasi tidak penting juga membantu kinerja laptop menjadi ringan dan tidak lambat. Namun apabila usai mencopot pemasangan laptop masih lambat maka Anda dapat mencoba tutorial mengatasi Windows 10 agar lebih cepat di sini. Demikian cara uninstal aplikasi di laptop untuk Windows 10. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com