Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Story IG Muncul Tulisan "Cerita Ini Tidak Tersedia"?

Kompas.com - 16/01/2023, 09:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Saat membuka Instagram (IG) Story, pernahkah Anda menjumpai tulisan "this story is unavailable" yang artinya "cerita ini tidak tersedia"? Biasanya, tulisan ini muncul dengan latar layar bewarna hitam.

Di beberapa kasus, tulisan "cerita ini tidak tersedia" muncul walaupun foto profil memiliki bingkai lingkaran merah, yang umumnya mengindikasikan bahwa Stories belum dilihat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan cerita ini tidak tersedia di IG. Berikut penjelasannya.

Penyebab muncul tulisan cerita tidak tersedia di Instagram

Cerita tidak tersedia yang muncul di Instagram Story menandakan konten tersebut tidak bisa dilihat lagi oleh siapapun. Setidaknya, ada lima kemungkinan yang menyebabkan munculnya tulisan cerita ini tidak tersedia di IG.

Baca juga: Cara Share Lirik Lagu Spotify ke Instagram Story

1. Konten story sudah dihapus pemilik akun

Kemungkinan pertama mengapa Instagram Story muncul "cerita tidak tersedia" adalah pemilik akun yang menghapus konten tersebut. Bisa jadi, si kreator menghapus konten tersebut beberapa saat ketika Anda membuka story-nya.

Apabila demikian, saat Anda kembali ke beranda lalu melakukan penyegaran (refresh feed), story tersebut sudah tidak akan muncul lagi, termasuk lingkaran merah di foto profil kreator.

2. Konten story sudah kadaluwarsa

Munculnya this story is unavailable juga bisa jadi disebabkan lantaran konten sudah kadaluwarsa alias tayang lebih dari 24 jam. Seperti diketahui, Instagram Story hanya akan bertahan selama 24 jam di beranda.

Setelah 24 jam, konten itu akan hilang secara otomatis. Nah, meskipun konten sudah hilang otomatis, bisa jadi ada error atau bug di Instagram yang menyebabkan followers (pengikut) masih melihat bingkai lingkaran merah di foto profil following (akun yang diikuti), seolah-olah konten IG story masih tersedia.

Untuk memastikan, apakah konten hilang karena kadaluwarsa atau tidak, Anda bisa mengecek di fitur sorotan atau highlight.

Sebab, Instagram Story bisa disimpan di highlight profil pengguna, sehingga masih bisa dilihat oleh followers meskipun sudah lebih dari 24 jam. Akan tetapi, tidak semua konten Instagram Story akan disimpan dalam sorotan.

Baca juga: Story, Arsip, dan Sorotan di Instagram Hilang, Ini Sebabnya

3. Konten dihapus Instagram karena melanggar kebijakan

Kemungkinan berikutnya mengapa muncul tulisan "cerita tidak tersedia" adalah karena konten melanggar kebijakan pedoman komunitas Instagram. Seperti diketahui, Instagram mengandalkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan tenaga manusia untuk mengawasi konten yang diunggah di platformnya.

Ada banyak jenis pelanggaran konten di Instagram, misalnya konten memuat informasi kekerasan, ketelanjangan, atau melanggar hak cipta. Selain AI, bisa saja ada akun lain yang melaporkan konten Instagram Story tersebut.

Apabila sebuah konten IG Story dilaporkan oleh followers, maka postingan bisa dihapus apabila terbukti melakukan pelanggaran pedoman Instagram. Biasanya, Instagram akan meminta kreator untuk menghapus postingan itu segera atau langsung dihapus oleh pihak Instagram.

Baca juga: 5 Cara Melihat Instagram Story Orang Lain Diam-diam Tanpa Ketahuan

4. Akun mendadak berubah menjadi privat

Alasan lain mengapa muncul this story unavailable di Instagram adalah lantaran akun tersebut mendadak beralih ke mode privat, tepat ketika postingan coba dibuka. Sehingga, konten Instagram Story tidak bisa dilihat oleh publik.

Untuk memastikannya, Anda harus mengecek langsung di profil pengguna. Apabila muncul keterangan "akun ini bersifat pribadi" atau "this account is private", artinya akun tidak dibuka untuk publik. Hanya orang-orang yang sudah disetujui saja yang bisa melihat isi konten akun tersebut.

5. Akun Anda disembunyikan dari story

Kemungkinan terakhir mengapa muncul "cerita tidak tersedia" di IG adalah karena akun Anda mendadak disembunykan dari story pemilik akun. Instagram memang memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menyembunyikan story dari beberapa followers, layaknya fitur yang ada di status WhatsApp.

Cara menyembunyikan story dari followers tertentu adalah dengan membuka profil > prngaturan > privasi > cerita > sembunyikan dari > pilih akun yang ingin "diblokir" dari cerita Anda.

Namun, mengingat cara ini agak sedikit rumit dan cukup sulit dilakukan waktu singkat, sangat kecil kemungkinan hal ini menjadi alasan mengapa "cerita tidak tersedia" di Instagram Story.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com