Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy A34 dan A54, Meluncur Sebentar Lagi?

Kompas.com - 18/01/2023, 08:40 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung disebut bakal meluncurkan sejumlah smartphone seri A baru dalam waktu dekat ini, termasuk di dalamnya adalah Samsung Galaxy A54 dan Galaxy A34.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy A54 dan Galaxy A34 sendiri sudah beredar di internet. Kabarnya keduanya akan memiliki desain yang serupa, yakni dirancang dengan sudut yang membulat di setiap sisinya.

Lalu, di bagian punggung belakang, terdapat tiga sensor kamera yang diposisikan secara vertikal tanpa bilah penampang kamera. Artinya, sensor kamera tersebut dibenamkan langsung ke cangkang.

Baca juga: Prediksi Harga Samsung Galaxy S23 Series yang Sebentar Lagi Rilis

Sekilas, desain punggung yang diusung cukup serupa dengan bocoran dari ponsel kelas atas (flagship) bikinan Samsung, yaitu, Samsung Galaxy S23 series, yang dikabarkan bakal segera meluncur Februari 2023 nanti.

Bocoran tampilan desain dan warna baru dari Samsung Galaxy A34The Tech Outlook Bocoran tampilan desain dan warna baru dari Samsung Galaxy A34

Namun, terdapat perbedaan di bagian layar depan perangkat A-series ini. Galaxy A54 kabarnya bakal dihiasi layar berlubang (punch hole) di bagian tengah atas. Sementara itu, Galaxy A34 hadir dengan poni menyerupai tetesan air (waterdrop).

Di sisi kanan perangkat, Galaxy A34 bakal memiliki dua tombol. Pertama, tombol yang lebih panjang diduga tombol pengatur volume suara. Kedua, tombol yang berukuran lebih kecil yang diyakini sebagai tombol daya.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy A34

Menurut bocoran spesifikasi yang beredar, Galaxy A34 disinyalir akan mengusung layar Super AMOLED berbentang 6,5 inci dengan resolusi Full HD (1080x2400 piksel) dan refresh rate 90 Hz. Layarnya akan dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Baca juga: Inikah Wujud Samsung Galaxy A54 dan A34?

Kamera yang dihadirkan terdiri dari tiga sensor, salah satunya beresolusi 48 MP dan kamera selfie 13 MP. Samsung Galaxy A34 juga disebut akan mengandalkan chipset bikinan Samsung, Exynos 1280 yang dipadu dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan 128 GB.

Perangkat menjalankan sistem operasi Android 12 dan ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000mAH dengan pengisian daya cepat (fast charging) hingga 33 watt.

Bocoran tampilan desain dan warna baru dari Samsung Galaxy A54Android Headlines Bocoran tampilan desain dan warna baru dari Samsung Galaxy A54

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy A54

Sementara Samsung Galaxy A54 bakal hadir dengan layar AMOLED berdiagonal 6,4 inci. Lebih kecil 0,1 inci dibandingkan pendahulunya yang memiliki diagonal layar 6,5 inci.

Layar Galaxy A54 kemungkinan memiliki resolusi Full HD Plus dan dukungan refresh rate 120 Hz. Untuk sistem keamanan perangkat, Galaxy A54 konon akan memiliki sensor pemindai sidik jari yang dibenamkan di bawah layar.

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G, Harga Bulan Januari 2023 Turun Rp 200.000

Konfigurasi kamera belakang yang dimiliki diduga beresolusi 50 MP (kamera utama), kamera ultra-wide 12 MP, dan kamera makro 5 MP. Sedangkan, kamera selfie-nya beresolusi 32 MP.

Sejumlah rumor melaporkan Galaxy A54 bakal mengandalkan chipset Exynos 7904, tetapi ada juga yang menyebut chipset lain, yakni Exynos 1380.

Untuk segi ketahanannya, Galaxy A54 dikabarkan akan memiliki baterai berkapasitas 5.100 mAh.

Perlu dicatat bahwa bocoran spesifikasi dan informasi lainnya masih bersifat sementara. Masih ada kemungkinan berubah di masa mendatang, mengingat Samsung belum meluncurkan kedua perangkat secara resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com