Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Mudah buat Registrasi Akun SNPMB

Kompas.com - 18/01/2023, 10:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Proses SNPMB 2023 (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) telah mulai bergulir. Saat ini, SNPMB 2023 sampai pada tahap registrasi akun di website “snpmb.bppp.kemdikbud.go.id”.

Dalam SNPMB 2023, setidaknya terdapat dua jenis seleksi masuk perguruan tinggi negeri, yaitu SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Baca juga: Cara Registrasi Akun SNPMB 2023 di “portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” buat Ikut SNBP

Setiap siswa SMA/SMK tingkat akhir yang hendak mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri, baik melalui jalur SNBP maupun SNBT, wajib melakukan registrasi akun SNPMB terlebih dahulu.

Jadwal registrasi akun SNPMB untuk mengikuti SNBP dimulai lebih awal ketimbang SNBT. Siswa yang hendak ikut SNBP bisa melakukan registrasi akun SNPMB dari 9 Januari - 15 Februari 2023. Sedangkan SNBT, registrasi akunnya mulai 16 Februari - 3 Maret 2023.

Saat melakukan registrasi akun SNPMB, siswa perlu mengisi dan melengkapi beberapa data diri, seperti NISN, NPSN, NIK, alamat domisili, dan sebagainya. Selain itu, siswa juga harus mengunggah pasfoto formal yang sesuai dengan ketentuan.

Adapun rincian ketentuan foto registrasi akun SNPMB adalah sebagai berikut:

  • Pasfoto ukuran 4 cm x 6 cm
  • Pasfoto memiliki resolusi minimal 200px x 300px dan rasio 2:3
  • File pasfoto minimal berukuran 80 Kb hingga maksimal 300 Kb
  • File pasfoto harus berformat JPG/JPEG/PNG
  • Background (latar) pasfoto polos dengan warna apa saja, lazimnya biru atau merah
  • Posisi kepala dan badan tegak sejajar dengan wajah tampak jelas
  • Orientasi pasfoto adalah vertikal.
  • Kualitas foto harus tajam dan fokus.

Ketentuan foto registrasi akun SNPMB di atas wajib untuk diperhatikan dan dipenuhi semua.
Sebab, bila tak sesuai ketentuan tersebut maka siswa tidak bisa mengunggah foto dan melanjutkan proses simpan permanen untuk mendapatkan tanda bukti registrasi akun.

Meski beberapa ketentuan telah dipenuhi, tetapi ukuran file ternyata lebih besar atau lebih kecil dari yang ditetapkan, siswa juga tidak bakal bisa mengunggah foto dan melanjutkan proses simpan permanen.

Seandainya siswa telah mempunyai pasfoto formal, tetapi ukuran file masih terlalu besar, lalu apa yang harus dilakukan? Solusi yang bisa dilakukan bila menjumpai kendala itu adalah mengecilkan ukuran foto.

Lantas, bagaimana cara mengecilkan ukuran foto supaya sesuai dengan ketentuan registrasi akun SNPMB? Mengecilkan ukuran foto dapat dilakukan melalui berbagai cara, termasuk memanfaatkan fitur dari website iloveimg.

Untuk lebih lengkapnya, bila hendak mengecilkan ukuran foto via iloveimg buat registrasi akun SNPMB, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara mengecilkan ukuran foto via “iloveimg” buat registrasi akun SNPMB

  • Kunjungi alamat website ini https://www.iloveimg.com/ lewat browser di laptop atau ponsel.
  • Selanjutnya, pilih menu “Compress Image”.
  • Unggah pasfoto formal yang hendak dikecilkan ukuran filenya.
  • Setelah terunggah, klik opsi “Compress Image”.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses memperkecil ukuran file foto selesai.
  • Bila telah selesai, klik opsi “Download Compressed Images”.
  • Jika hasilnya ternyata masih lebih besar dari ketentuan foto registrasi akun SNPMB, silakan ulangi kembali cara di atas pada pasfoto yang telah diperkecil di “iloveimg”.

Ilustrasi cara mengecilkan ukuran foto untuk registrasi akun SNPMB.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengecilkan ukuran foto untuk registrasi akun SNPMB.

Cukup mudah bukan cara mengecilkan ukuran foto via “iloveimg”? Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah via “iloveimg” untuk keperluan registrasi akun SNPMB.

Baca juga: Tidak Menerima E-mail Aktivasi Akun SNPMB Usai Registrasi? Begini 3 Cara Mengatasinya

Sebagai informasi tambahan, selain iloveimg, sebetulnya terdapat beberapa website lain dengan layanan serupa yang terdapat di internet. Beberapa website itu, seperti img2go, imagecompressor, dan compressjpeg.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com