Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi-lagi, Internet Bekasi Paling Kencang Se-Indonesia Lampaui Jakarta

Kompas.com - 19/01/2023, 10:47 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Speedtest

KOMPAS.com - Bekasi lagi-lagi menjadi kota dengan kecepatan internet mobile terkencang di Indonesia, mengungguli Jakarta. Hal ini berdasar survei yang dilakukan Situs penguji kecepatan internet, Ookla dalam laporan "Speedtest Global Index".

Dalam laporan ini, Ookla merangkum kecepatan internet mobile atau seluler, beserta kecepatan internet kabel (fixed broadband) dari lintas negara dan ratusan kota di seluruh dunia periode Desember 2022.

Indonesia juga termasuk dalam daftar negara yang dihitung kecepatan internetnya oleh Ookla. Dari satu negara, Ookla kemudian mengambil dua sampel kota yang paling representatif untuk dihitung kecepatan internetnya.

Baca juga: Cerita Warga Bekasi dan Bogor yang Selamat dari Kiamat TV Analog

Dua kota di Indonesia yang masuk dalam daftar itu ialah Jakarta dan Bekasi.

Secara umum laporan ini melibatkan 172 kota untuk diukur kecepatan internetnya, khususnya untuk kategori internet seluler. Adapun pengukuran internet kabel melibatkan hingga 192 kota di lintas negara.

Nah dari 172 kota itu, kecepatan internet Bekasi menempati posisi ke-127. Peringkatnya naik tujuh level dibanding November 2022 ketika Bekasi berada di peringkat 134.

Sementara itu Jakarta Selatan berada di posisi ke-134, naik tiga level dibanding peringkat pada November 2022, yaitu di peringkat 137.

Dari hasil itu menunjukkan bahwa kecepatan internet mobile Bekasi lebih cepat dibanding Jakarta.

Berdasarkan laporan Ookla dengan menggunakan aplikasi Speedtest, kecepatan internet mobile di Bekasi bila dirinci mencapai 19,80 Mbps untuk download, upload 11,85 Mbps dan latensinya 21 milidetik.

Kecepatan internet di Bekasi Desember 2022Ookla Kecepatan internet di Bekasi Desember 2022

Adapun kecepatan internet mobile Jakarta mencapai 18,44 Mbps untuk donwload, upload 11,37 Mbps dan latensinya 23 milidetik.

Bila dibandingkan, kecepatan internet mobile Bekasi memang lebih unggul ketimbang Jakarta Selatan dari berbagai aspek, baik kecepatan download maupun uploadnya. Selain itu, latensi internet Bekasi juga lebih rendah dibanding Jakarta Selatan.

Baca juga: Streaming Video di Kota Bekasi Lebih Lancar Dibanding Jakarta, Sorong Teratas

Latensi sendiri merupakan waktu yang dibutuhkan dalam mentransfer data. Semakin rendah, maka semakin cepat pula datanya dikirimkan. Jadi, latensi di Bekasi juga lebih cepat dibanding Jakarta Selatan.

Kecepatan internet kabel Jakarta unggul tipis dari Bekasi

Meski unggul pada kategori internet mobile, peringkat Jakarta pada laporan Ookla menunjukkan bahwa internet kabel di Jakarta Selatan sedikit lebih cepat dibanding Bekasi.

Dari total 192 kota yang terlibat dalam pengukuran kecepatan internet kabel, Jakarta Selatan menempati posisi ke-134, turun dua level dari posisi ke-132 pada November 2022.

Rinciannya, kecepatan download internet kabel Jakarta Selatan sebesar 30,85 Mbps, upload 20.83 Mbps dan latensinya 5 milidetik.

Kecepatan internet di Jakarta Selatan Desember 2022Ookla Kecepatan internet di Jakarta Selatan Desember 2022

Adapun Bekasi menempati peringkat ke 135, turun satu level dari peringkat 134 pada periode November 2022. Rincian kecepatan internet kabel Bekasi mencapai 30.53 Mbps untuk download, upload 13,63 Mbps dan latensinya 5 milidetik seperti Jakarta Selatan.

Meski latensinya sama-sama 5 milidetik, kecepatan internet kabel Jakarta Selatan memang lebih unggul dibanding Bekasi baik pada aspek download maupun upload, seperti ditunjukkan angka di atas.

Dari ratusan kota yang dilibatkan dalam riset ini, kota Ar-Rayyan, Qatar menempati posisi puncak untuk kategori internet mobile. Kota ini tercatat menawarkan kecepatan donwload 185,14 Mbps, upload 22,37 Mbps serta latensi 19 milidetik.

Untuk kategori internet kabel, kota Beijing, China meraih posisi pertama dengan kecepatan untuk download sampai 276,56 Mbps, upload 37,90 Mbps dan latensi 8 milidetik. Dalam kategori ini, Beijing mengungguli kota ternama negara lainnya seperti Abu Dhabi, New York hingga Tokyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Speedtest
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com