Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Satu Kata, Apple Watch Kirim Alarm Palsu, Pelatih Muay Thai Digrebek Polisi

Kompas.com - 21/01/2023, 09:32 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah panggilan darurat yang berasal dari Apple Watch milik pelatih pribadi (personal trainer) membuat 15 polisi di Australia bergegas ke lokasi panggilan.

Namun pelatih Muay Thai pribadi bernama Jamie Alleyne justru terkejut dan bingung dengan kedatangan belasan polisi itu karena ia merasa tidak melakukan panggilan darurat.

Usut punya usut, panggilan itu berasal dari Apple Watch Series 7 yang Alleyne pakai selama sesi latihan di tempat gymnya. Ia mengaktifkan asisten suara Siri pada smartwatch tersebut, kemudian tanpa sengaja Siri menelepon layanan darurat.

Menurut Alleyne, kronologi peristiwa itu dimulai pukul 07.45 ketika seorang petugas polisi masuk area gym. Alleyne lantas menyapa polisi itu dan menanyakan keperluannya.

Baca juga: Fitur Sederhana iPhone Selamatkan Pengendara Mobil dari Dasar Jurang

"Dia masuk dan berkata pihaknya menerima telepon terkait tembakan senjata. Saya membatin 'ya Tuhan' dan saya berkata saya belum mendengar apa-apa (tembakan)," ujar Alleyne menceritakan kronologinya.

Tak lama kemudian belasan polisi lainnya masuk ke area gym. Sejumlah ambulans juga sudah siaga di depan gedung gym, hingga membuat Alleyne cukup panik.

Seorang polisi juga bertanya "Siapa Jamie Avery atau yang mirip dengan nama itu," karena sumber panggilan berasal dari nama tersebut. Alleyne lantas berkata bahwa dirinya adalah Jamie Alleyne.

Namun ia kebingungan disebut sebagai penelepon layanan darurat karena ia bahkan tidak membawa ponselnya ke tempat kerja.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Andrew Ptj Parnham (@andrew_ptjmuaythai)

Kepolisian selanjutnya meminta Alleyne memeriksa riwayat panggilan. Dari sinilah diketahui bahwa Alleyne memang memanggil layanan darurat bernomor 112. Ada pula pesan suara dari petugas kesehatan yang menyatakan bahwa petugas medis serta ambulans menuju lokasi panggilan.

Alleyne lantas menyadari bahwa panggilan itu berasal dari Apple Watch miliknya. Sebab, selama sesi latihan dengan kliennya, tombol pada jam tertekan sehingga mengaktifkan asisten Siri.

Baca juga: Ini Alasan Suara Google Assistant, Siri, dan Alexa Menggunakan Suara Perempuan

Pemicu lainnya adalah kalimat yang dilontarkan Alleyne selama sesi latihan, yakni kombinasi "1-1-2" serta "nice shot" atau bila diterjemahkan bisa berarti "tembakan bagus" atau "percobaan yang bagus", frasa yang biasa dipakai di dunia olahraga.

Alleyne menyesalkan peristiwa panggilan darurat tanpa sengaja yang melibatkan dirinya. Namun ia terkesan dengan respons petugas setempat yang begitu sigap.

Atas peristiwa itu, Alleyne menghubungi atasannya dan menjelaskan semua hal yang terjadi. Selanjutnya ia juga menonaktifkan Siri dari Apple Watch-nya agar peristiwa serupa tidak terulang, dihimpun KompasTekno dari news.com.au, Sabtu (21/1/2023).

Apple Watch sendiri memang memiliki fitur pemanggil Siri, yaitu dengan menekan dan menahan tombol arloji atau disebut Digital Crown, dilanjutkan dengan pengucapan perintah dari pengguna.

Dalam kasus ini, fitur darurat alias SOS Apple Watch milik Alleyne tak sengaja diaktifkan hingga memanggil layanan darurat secara otomatis. Dalam skenario ini, Apple Watch juga akan mengirimkan detail lokasi pengguna. Karena itulah polisi bisa menemukan lokasi Alleyne dengan tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com