Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Google Maps Error di Ponsel Android

Kompas.com - 23/01/2023, 13:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda saat menggunakan Google Maps di ponsel Android tiba-tiba tidak dapat berfungsi? Seperti salah satunya fitur “Mulai” di Maps yang tidak berjalan. Sebenarnya ada beberapa penyebab Google Maps error.

Seperti aplikasi Gmaps yang masih menggunakan versi lama, akses internet, hingga file cache yang menumpuk terkadang menyebabkan aplikasi error.

Namun tenang saja Google Maps yang error bisa Anda coba atasi sendiri dengan beberapa cara. Selengkapnya berikut ini KompasTekno merangkum tutorial mengatasi Google Maps yang error.

Baca juga: Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Google Maps

Cek koneksi internet Anda

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengecek koneksi internet Anda. Bisa jadi Google Maps tidak dapat berjalan dengan normal karena koneksi internet yang tidak stabil. Cobalah menonaktfikan data kemudian menyalakannya kembali. Selain itu Anda juga dapat mengecek kecepatan internet di Speedtest by Okla.

Izin lokasi Google Maps

Google Maps yang tidak dapat berjalan dengan normal bisa jadi akses izin lokasi yang masih belum aktif. Cek pengaturan Google Maps di ponsel Anda. Caranya pilih menu “Settings” > “Aplikasi”> “Kelola Aplikasi” > pilih Google Maps > klik “Perizinan Aplikasi” > pilih “Lokasi” > klik “Izinkan sepanjang waktu”.

Hapus cache dan data Google Maps

Salah satu penyebab Google Maps error karena cache dan data yang menumpuk. Hal ini yang terkadang membuat aplikasi tidak berfungsi dengan normal atau tiba-tiba mengalami crash. Cobalah untuk menghapus cache di Google Maps dengan cara berikut ini.

“Settings” > “Aplikasi”> “Kelola Aplikasi” > pilih Google Maps > klik “Penyimpanan” > pilih “Cache” > pilih “Hapus data”.

Gunakan Google Maps Go

Apabila Google Maps masih error maka cobalah mengunduh versi lain Google Maps yaitu Google Maps Go. Aplikasi ini mengonsumsi lebih sedikit sumber daya da umumnya akan bekerja lebih cepat dari pada versi aplikasi aslinya. Anda dapat mengunduh aplikasi Google Maps Go di Play Store (Android) atau App Store (iOS). 

Baca juga: Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps dengan HP Android

Matikan opsi “Hanya WiFi” di aplikasi Google Maps

Google Maps bisa jadi error disebabkan karena Anda tidak sengaja mengaktifkan opsi "Hanya Wi-Fi" pada aplikasi. Maka dari itu cek pengaturan Google Maps dan nonaktifkan opsi “Hanya WiFi”. Begini caranya.

  • Buka Google Maps
  • Klik profil di pojok kanan atas
  • Pilih “Setelan”
  • Geser toogle “Only WiFi/Hanya WiFi” ke kiri untuk menonktifkan

Baca juga: 2 Cara Cek Jalan Macet saat Liburan lewat Google Maps dan Waze

Demikian cara mengatasi Google Maps yang error. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com