Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Cegah Penipuan dengan Batasi Undangan Grup WA | Xiaomi 13 Diklaim Pecahkan Rekor | Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi Resmi di Indonesia

Kompas.com - 24/01/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan, muncul modus penipuan yang "menjebak" korban dengan memasukkan mereka ke dalam grup WhatsApp (WA) secara acak. Untuk itu, pengguna WhatsApp perlu mengaktifkan pembatasan agar tidak bisa diundang ke grup WA sembarangan, terutama oleh nomor yang tidak dikenal.

Topik itu menjadi salah satu berita terpopuler di kanal KompasTekno sepanjang Senin (23/1/2023). Selain itu, ada pula Xiaomi 13 yang diklaim memecahkan rekor berkat fitur di layarnya.

Peluncuran tablet "murah" Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi di Indonesia juga menjadi salah satu berita yang cukup banyak dibaca. Berikut rangkuman berita teknologi terpopuler sepanjang Senin (23/1/2023).

Baca juga: [POPULER TEKNO] Google PHK 12.000 Karyawan | Kabar Baik untuk Bisnis Chip | Harga Samsung Galaxy S22 Terbaru

Cara membatasi undangan grup WA untuk cegah penipuan

Penipuan berkedok komisi masih marak mencari korban. Baru-baru ini muncul modus lain, di mana penipu secara acak mengundang korban ke dalam sebuah grup WhatsApp yang mengatasnamakan sebuah marketplace besar.

Di grup itu, korban diminta menjalankan misi tertentu dengan iming-iming komisi. Namun, ujung-ujungnya justru korban yang harus mengeluarkan uang hingga jutaan tanpa menerima komisi yang dijanjikan.

Nah, untuk itu, ada baiknya untuk mengaktifkan pembatasan di fitur undangan WhatsApp agar tidak dimasukkan ke grup WA oleh sembarang orang. Caranya bisa menyimak tutorial di artikel "Hati-hati Penipuan, Ini Tips Agar Tidak Dimasukkan ke Grup WhatsApp Sembarangan".

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Memakai iPhone Jailbreak? Begini 5 Risikonya

Xiaomi 13 diklaim pecahkan rekor

Xiaomi 13 diklaim memecahkan rekor sebagai ponsel dengan tingkat kecerahan layar tertinggi dibanding ponsel Android lain. Informasi itu diumumkan oleh pendiri Xiaomi, Lei Jun lewat media sosial China, Weibo.

Ia juga mengeklaim tampilan layar flagship Xiaomi itu begitu mulus, sehingga pengguna tidak akan menemukan celah apapun. Seberapa tinggi kecerahan layar Xiaomi 13 sehingga diklaim memecahkan rekor?

Penjelasannya bisa disimak di artikel "Cerahnya Layar Xiaomi 13 Sampai Diklaim Pecahkan Rekor".

Baca juga: PHK Massal Google, Microsoft & Amazon, Karyawan Divisi Apa Saja yang Terdampak?

Cara menaruh PS5 agar tidak mudah rusak

Meletakkan PlayStation 5 (PS5) dalam posisi vertikal (berdiri) disebut dapat berpotensi membuat konsol cepat rusak. Memposisikan PS5 secara vertikal, disinyalir memicu kebocoran pada komponen liquid metal, dan menyebabkan kerusakan pada motherboard konsol.

Untuk mencegah terjadinya kebocoran liquid metal, pemilik PS5 kemudian berbondong-bondong mencoba meletakkan konsol miliknya secara horizontal. Namun, pemilik PS5 dianjurkan untuk tetap menggunakan stand (penyangga) yang disediakan untuk menopang PS5.

Tips meletakkan PS5 yang tepat selengkapnya bisa disimak di artikel "Cara Menaruh PS5 dengan Aman untuk Mencegah Kerusakan".

Baca juga: Kecepatan Download Samsung Galaxy Z Fold 4 Salip iPhone 14 Pro Max

Harga HP Android disebut "jatuh" dibanding iPhone

Seperti barang elektronik lain, smartphone juga mengalami depresiasi (penurunan/penyusutan harga karena digunakan). Menurut sebuah survei, smartphone Android memiliki nilai depresiasi yang cukup tinggi.

Bahkan, ponsel Android dilaporkan menjadi ponsel yang paling jatuh harganya, dibandingkan iPhone. Adapun ponsel yang harganya paling jatuh di pasar adalah Google Pixel XL (2016).
Bagaimana dengan nilai smartphone Android lainnya?

Jawaban selengkapnya ada di artikel "Survei: Harga HP Android Lebih Jatuh Dibanding iPhone, Ini Buktinya".

Baca juga: Karyawan Google Pertanyakan Kriteria yang Kena PHK

Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi resmi di Indonesia

Samsung meluncurkan tablet anyarnya di Indonesia, Galaxy Tab A7 Lite WiFi. Seperti namanya, tablet ini merupakan varian lain dari Galaxy Tab A7 Lite LTE (4G) yang dijual lebih dulu di Indonesia pada 2021 lalu.

Dibanding "saudaranya" yang tak memiliki embel-embel "Wi'Fi", Galaxy Tab A7 Lite WiFi dijual dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp 2 jutaan. Pada saat peluncurannya, Galaxy Tab A7 Lite LTE dijual dengan harga Rp 2,5 juta.

Karena lebih murah, Samsung memangkas satu fitur yang ada di Galaxy Tab A7 Lite, yaitu fitur konektivitas LTE alias dukungan kartu SIM. Artinya, konektivitas internet di Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi hanya mengandalkan hotspot atau Wi-Fi saja.

Spesifikasi lengkap dan harganya bisa disimak di artikel "Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi Resmi di Indonesia, Lebih Murah dari Versi 4G".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com