Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Bakal Rilis PS5 Pro April 2023?

Kompas.com - 25/01/2023, 14:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar terkait kehadiran konsol Sony PlayStation 5 (PS5) varian anyar terus mengalir di dunia maya. 

Bocoran terbaru mengatakan bahwa Sony akan merilis PS5 versi Pro dalam beberapa bulan ke depan. Kabar ini muncul dari sumber dalam industri, yang dikutip situs berita teknologi asal Perancis Phonandroid.

Bocoran ini mematahkan kabar terakhir yang menyebut bahwa Sony akan merilis PS5 Slim yang rumornya santer beredar belakangan ini, melainkan model lain yang bernama PS5 Pro.

Adapun konsol PS5 varian "Pro" ini, menurut sumber tadi, diklaim bakal meluncur pada April 2023 mendatang, sekitar dua tahun setengah dari peluncuran awal PS5 pada November 2020 lalu. 

Baca juga: Cara Menaruh PS5 dengan Aman untuk Mencegah Kerusakan

Secara kemampuan, sumber tadi mengeklaim bahwa PS5 varian "Pro" kemungkinan besar akan lebih tangguh dibanding PS5 versi "reguler", lantaran akan ditenagai dengan chip terbaru buatan AMD.

Pada akhir 2022 lalu, Sony juga dikabarkan akan segera merilis PS5 dengan chip anyar yang lebih kuat dan kencang.

Selain itu, PS5 Pro juga disebut bakal mengadopsi sistem pendingin (cooling system) baru yang lebih mumpuni dari PS5 versi awal. Sistem pendingin di perangkat elektronik biasanya berfungsi untuk meredam panas yang dihasilkan oleh perangkat tersebut.

Nah, menurut sumber tadi, komponen peredam panas yang bakal diusung PS5 Pro adalah cooling system berbasis air (liquid cooling) yang biasa ditemui di beragam komputer (PC) gaming masa kini. 

PS5 dalam posisi horizontal.YouTube/How To X PS5 dalam posisi horizontal.
Sebelumnya, PS5 diketahui menggunakan sistem pendingin berbasis senyawa logam cair alias liquid metal compound, serta kipas yang bisa digunakan untuk membantu mendinginkan "jeroan" perangkat. 

Belakangan, penggunaan liquid metal di PS5 menjadi perbincangan, lantaran disebut bisa merusak PS5 apabila konsol ini diletakkan secara vertikal atau dalam posisi "berdiri", bukan horizontal atau posisi "tidur".

Baca juga: Kabar Baik dari Sony untuk Calon Pembeli PS5

Disebut merusak karena liquid metal bisa "meleleh", kemudian lelehannya bocor dan terkena atau tersebar ke hardware PS5 lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phonandroid, Rabu (25/1/2023).

Dengan kata lain, penggunaan liquid cooling bisa jadi menjadi solusi baru Sony untuk membuat PS5 Pro lebih tangguh dalam meredam panas yang dihasilkan perangkat. 

Belum bisa dipastikan apakah sistem pendingin liquid cooling ini, jika memang benar adanya, lebih baik dalam menangani panas di PS5 dibanding liquid metal atau tidak.

Belum bisa dipastikan pula kapan PS5 Pro yang konon bakal memiliki desain berbeda dari PS5 versi reguler ini hadir. 

Jika benar PS5 Pro ini akan dirilis, maka Sony akan melanjutkan tradisi dari konsol generasi sebelumnya, yaitu PS4 yang juga memiliki varian PS4 Pro. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com