Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda iPhone 15 Bakal Punya Kamera Periskop

Kompas.com - 26/01/2023, 14:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Elec

KOMPAS.com - iPhone 15 yang konon akan diperkenalkan Apple tahun ini, terindikasi kuat bakal memiliki kamera periskop. Hal ini terlihat dari keputusan Apple beberapa waktu lalu yang menggandeng dua pemasok modul kamera periskop kenamaan, LG Innotek dan Jahwa Electronics.

Menurut laporan media Korea Selatan, The Elec, masing-masing perusahaan setidaknya bakal memasok sebanyak 70 persen dan 30 persen komponen yang berkenaan dengan kamera periskop kepada Apple. Komponen yang dimaksud adalah aktuator Optical Image Stabilization (OIS). 

Meski demikian, kamera periskop ini disebut-sebut hanya akan hadir di model teratas yakni iPhone 15 Pro Max. Hal ini sejalan dengan pernyataan dari analis kenamaan, Ming-Chi Kuo dan Jeff Pu.

Baca juga: iPhone 15 Pro Diramal Tidak Punya Tombol Fisik, Diganti Teknologi dari iPhone 7

Pada pertengahan 2021 lalu, Apple juga sejatinya telah mematenkan teknologi lensa periskop untuk perangkat iPhone.

Paten tersebut tertuang dalam dokumen yang dibagikan oleh Patently Apple. Dalam dokumen itu, Apple menyebut teknologi kamera periskop di iPhone sebagai "folded camera" atau "kamera lipat".

Istilah "folded" di sini berasal dari mekanisme kamera periskop yang membelokkan cahaya menggunakan prisma. Cahaya tersebut nantinya akan dipantulkan ke sensor gambar, sehingga bentuk cahaya yang dipantulkan menyerupai huruf “L”.

Dengan mekanisme ini, kamera belakang tidak akan memiliki tonjolan yang besar meski memiliki kemampuan zoom yang jauh.

Baca juga: Fitur Penting di iPhone 14 Bakal Hadir Juga di Samsung Galaxy S23?

LG Innotek dan Jahwa Electronics sendiri berinvestasi besar untuk fasilitas pengembangan komponen mereka. Adapun Jahwa Electronics disebut sebagai salah satu pemasok komponen untuk Samsung Galaxy S23 yang akan dirilis pekan depan.

Komponen aktuator OIS dari LG Innotek dan Jahwa Electronics dipercaya dapat bekerja lebih cepat dari buatan pemasok lain. Kedua perusahaan ini akan memasok aktuator tipe bola.

Saat ini Apple masih menggunakan aktuator tipe pegas yang dipasok oleh Alps Alpine dan Mizumi untuk digunakan di iPhone. Aktuator bola dipercaya lebih cepat, lebih akurat, dan menggunakan lebih sedikit daya, itulah sebabnya Apple melakukan peralihan.

Dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (26/1/2023), selain hadir di iPhone 15 Pro Max, kamera periskop Apple juga diramal bakal hadir diperluas di iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com