Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Bisa Cek Status Penerbangan Pesawat via iMessage, Begini Caranya

Kompas.com - Diperbarui 30/01/2023, 06:03 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Memeriksa atau cek status penerbangan pesawat di ponsel biasanya dilakukan melalui aplikasi seperti FlightRadar 24, The Flight Tracker, FlightStats, dan lain sebagainya.

Semua aplikasi tersebut punya fitur utama untuk melacak perjalanan pesawat secara real time dari bandara keberangkatan hingga tujuan, serta status penerbagannya. Bila menggunakan iPhone, fitur tersebut bisa diperoleh tanpa harus menggunakan aplikasi-aplikasi di atas.

Baca juga: Apakah Boleh iPhone Dicas hingga Penuh 100 Persen?

Sejak iOS 15 dirilis, sekitar dua tahun lalu, iPhone dibekali dengan fitur Data Detector yang memungkinkan teks dari nomor penerbangan bisa terdeteksi secara otomatis. Dengan fitur ini, pengguna bisa cek status penerbangan pesawat di iPhone tanpa aplikasi tambahan.

Fitur Data Detector buat cek status penerbangan pesawat di iPhone dapat diakses melalui aplikasi pesan instan Apple, iMessage. Lantas, bagaimana cara mengecek penerbangan pesawat di iPhone lewat iMessage

Saat nomor penerbangan dari pesawat tertentu terkirim di iMessage, teks itu bakal terdeteksi dan bisa diklik untuk menampilkan status penerbangan. Bila tertarik buat menjajal fitur ini, berikut adalah cara cek status penerbangan pesawat di iPhone via iMessage.

Cara cek status penerbangan pesawat di iPhone tanpa aplikasi tambahan

  • Buka iMessage di iPhone
  • Kemudian, kirim nomor penerbangan dan nama pesawat yang hendak dicek statusnya, semisal “JT-12 Lion Air”, “Lion Air JT-12” atau “JT-12 on Lion Air” (tanpa tanda kutip).
  • Selanjutnya, iPhone bakal mendeteksi teks nomor penerbangan tersebut.
  • Saat telah terdeteksi, bakal terdapat garis bawah (under line) pada teks nomor penerbangan pesawat yang dikirim di iMessage.
  • Ketuk dan tahan teks nomor penerbangan pesawat bergaris bawah itu.
  • Lalu, iPhone akan menampilkan pop-up jendela yang berisi peta dan animasi perjalanan pesawat secara real time dari nomor penerbangan tersebut.
  • Pada pop-up jendela itu, pengguna bisa klik menu “Pratinjau Penerbangan” atau “Preview Flight” untuk melihat status penerbangan pesawat yang lebih lengkap.

Ilustrasi cara cek status penerbangan pesawat di iPhone via iMessage.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek status penerbangan pesawat di iPhone via iMessage.

Di menu “Pratinjau Penerbangan”, termuat beberapa informasi seperti status apakah pesawat sedang dalam perjalanan, ditunda, atau sudah tiba. Kemudian, ada pula informasi waktu keberangkatan dan tiba pesawat serta durasi penerbangan.

Cukup mudah bukan cara cek status penerbangan pesawat di iPhone? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16.2. Beda versi iOS yang dipakai mungkin bakal beda pula caranya.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Memakai iPhone Jailbreak? Begini 5 Risikonya

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara cek status penerbangan pesawat di iPhone via iMessage tanpa aplikasi tambahan, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com