Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Emoji Mata Melihat ke Atas, Bingung atau Kesal?

Kompas.com - Diperbarui 30/01/2023, 09:17 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Emoji menjadi salah satu fitur chatting berbagai aplikasi untuk memberikan pengalaman pengguna lebih baik. Emoji ditemui di beragam aplikasi mulai dari WhatsApp, Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi.

Ratusan emoji yang tersedia pun memiliki arti dan ungkapan masing-masing. Contoh saja emoji tersenyum atau tertawa. Secara eksplisit emoji tersebut menerangkan ungkapan rasa senang dan gembira. Namun banyak juga emoji yang ditemui memiliki arti ambigu.

Artinya ekspresi emoji bisa jadi disalahartikan pengguna atau justru membingungkan. Salah satunya arti emoji mata melihat ke atas. Ekspresi mata melihat ke atas dapat diartikan beragam macam.

Beberapa pengguna saat ini umumnya menggunakan emoji ini untuk mengungkapkan ekspresi kebingungan atau rasa bimbang. Namun apa arti emoji mata melihat ke atas sebenarnya? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Arti Emoji Wajah Mengintip, Wajah Titik-titik, dan Wajah Meleleh di WhatsApp

Arti emoji mata melihat ke atas

Emoji mata melihat ke atas atau dinamakan dengan Face With Rolling Eyes ini terdiri dari wajah kuning, mulut kecil tertutup yang rata dan cemberut. Disertai dengan mata putih besar yang menggulung ke atas.

Dilansir dari Emojipedia, emoji ini memiliki arti gestur khusus yaitu menyatakan ketidaksetujuan, muak, ekspresi kebosanan, hingga penghinaan. Ekspresi ini juga bisa mengartikan seseorang yang sedang mengekspresikan sarkasatik, atau ketidakpedulian akan sesuatu.

Nuansa kejengkelan

Arti emoji mata melihat ke atas juga bisa digunakan untuk mengekspresikan kejengkelan sesuatu. Emoji ini pas digunakan ketika pengguna menemukan seseorang atau sesuatu yang menjengkelkan, tidak menarik, tidak dapat dipercaya, tidak layak, atau tidak mengesankan.

Emoji ini juga cocok digunakan ketika Anda mulai kesal dengan sesuatu. Misalnya diringi dengan kalimat “Ya terserahlah”, "Duh", "Yah, apa pun" dan lain sebagainya.

Baca juga: 31 Emoji Baru Resmi Meluncur, Mulai Wajah Bergetar hingga High Five

Awal kemunculan emoji mata melihat ke atas

Emoji mata melihat ke atas bisa juga disebut dengan Eye Roll, Rolling Eyes, atau Face With Rolling Eyes. Diperkenalkan ke publik tahun 2015 yang dirilis oleh Unicode Consortium.

Pada bulan Februari 2016 penyedia keyboard emoji EmojiXpreess menemukan Eye Roll menjadi emoji paling populer yang digunakan saat itu oleh pengguna iPhone.

Emoji rolling eyes memang memiliki arti khusus menurut kamus emojipedia. Kendati demikian tak menutup kemungkinan makna emoji mata melihat ke atas dapat diartikan berbeda-beda sesuai budaya, kebiasaan, dan konteks pembicaraan masing-masing pengguna. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com