Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Kemampuan Zoom dan Kamera 200 MP Samsung Galaxy S23 Ultra Beredar

Kompas.com - 30/01/2023, 13:01 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring dengan tanggal peluncuran yang semakin dekat, bocoran spesifikasi dari ponsel flagship teranyar Samsung semakin mencuat.

Kini, beredar sebuah video yang memamerkan kemampuan kamera 200 MP dan zoom dari smartphone yang konon bernama Samsung Galaxy S23 Ultra.

Samsung Galaxy S23 Ultra sendiri akan menjadi model tertinggi dari Galaxy S23 series.

Keunggulan kamera tersebut dipamerkan dalam bentuk video oleh salah seorang karyawan toko ritel yang berbasis di Nicaragua, Amerika Tengah.

Dikarenakan Instagram Stories hanya bertahan selama 24 jam saja, salah satu pembocor gadget bernama Alvin mengabadikannya dan mengunggah kembali video tersebut di akun Twitter pribadinya dengan handle @sondesix.

“Samsung Galaxy S23 Ultra. Salah satu orang di toko yang memiliki perangkat tersebut telah melakukan beberapa pengujian kamera. Ini merupakan pengujian fitur zoom kamera,” tulis @sondesix.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Ponsel Pertama Pakai Layar Gorilla Victus 2

Video berdurasi 24 detik itu menampilkan kemampuan zoom 100x menggunakan kamera utama dari Galaxy S23 Ultra.

Dari video tersebut dapat diketahui bahwa Samsung Galaxy S23 Ultra mampu menawarkan kemampuan zoom foto yang impresif dengan jarak yang jauh.

Hasil gambar yang dipotret kemungkinan besar akan lebih baik dibanding pendahulunya, Samsung Galaxy S22 Ultra, sebagamana dikutip KompasTekno dari Android Central, Senin (30/1/2023).

Dikatakan demikian karena Samsung Galaxy S23 Ultra kabarnya bakal dibekali sensor kamera terbaru bikinan Samsung, yakni ISOCELL HP2. Sebuah sensor 1/1.3 inci dengan ukuran piksel sebesar 0,6 mikrometer.

Sedangkan, Samsung Galaxy S22 Ultra dibekali sensor ISOCELL HM3, sensor dengan 1/1.33 inci dan ukuran piksel 0.8 mikrometer.

Tipster ulung bernama “Ice Universe” (handles @UniverseIce) juga sempat membocorkan hasil foto Samsung Galaxy S23 Ultra di akun Twitter pribadinya.

Ia berpendapat bahwa foto yang ditampilkan perangkat tidak terlalu dipertajam, sehingga foto tampak lebih natural dan halus dengan sedikit sentuhan pemrosesan digital.

"(Sensor Isocell) HP2 200 MP (menghasilkan) gambar yang berbeda dari (sensor) HP1, HP3, HM1, dan HM3 karena telalu mempertajam hasil gambar. (Sedangkan Isocell HP2) menghasilkan gambar yang terlihat halus dan natural, sehingga tidak terlalu banyak (tambahan) pemrosesan digital," ujar Ice Universe.

Kembali ke bocoran kamera Samsung Galaxy S23 Ultra, pembocor “sondesix” juga menunjukkan bahwa ponsel bakal bisa digunakan untuk merekam video 8K pada 30 fps (frame per second).

Selain itu, tertulis juga bahwa kamera belakang yang dimiliki beresolusi 200 MP dengan pilihan rasio gambar 3:4, serta gambar video beresolusi Full HD.

Baca juga: Video Promo Samsung Spill Fitur Penting di Kamera Galaxy S23 Ultra

Bocoran lain yang juga diumbar adalah varian warna yang didatangkan perangkat. Galaxy S23 series konon hadir dengan empat varian warna, yakni Phantom Black (hitam), Green (hijau), Cream/Beige, dan Lavender/Light Pink (pink muda pastel).

“Sondesix” juga membocorkan bahwa Samsung Galaxy S23 Ultra di Indonesia akan tersedia dalam kapasitas penyimpanan (storage) 1 TB.

Mengingat Samsung sendiri masih belum resmi meluncurkan ponsel bikinannya, kemungkinan masih ada perubahan di masa mendatang. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com