Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TCL IonX Meluncur, HP Android Baterai Bisa Dilepas

Kompas.com - 30/01/2023, 14:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Ponsel kekinian telah menggunakan teknologi baterai tanam (non-removeable battery) alias tidak bisa dilepas-pasang. Tren ini mulai berlangsung sekitar tahun 2010-an.

Kendati demikian, vendor ponsel China, TCL memiliki pendekatan yang berbeda, yakni dengan merilis ponsel Android dengan baterai yang bisa digonta-ganti, yaitu TCL IonX.

Android TCL IonX memungkinkan pengguna untuk melepas-pasang baterai ponsel. Perangkat ini sudah resmi dirilis TCL untuk pasar di wilayah Amerika Serikat (AS).

Di atas kertas, spesifikasi TCL IonX ditopang oleh baterai berkapasitas 3.000 mAH. Baterai tersebut dapat dilepas-pasang dan diganti dengan baterai baru bila performa dan kinerjanya sudah mengalami penurunan.

Baca juga: Baterai HP Tidak Mengisi saat Dicas? Ini 5 Cara Mengatasinya

Dengan kemampuan tersebut, pengguna juga dimungkinkan untuk membawa baterai cadangan.

Apabila sewaktu-waktu, baterai ponsel melemah, pengguna bisa langsung menggantinya dengan baterai baru. Sehingga, proses pengisian daya ulangnya bisa lebih cepat dilakukan.

Desain keseluruhan bodi yang diusung juga dirancang dengan tampilan yang tidak semodern perangkat Android baru-baru ini. Pada bagian layar, misal, TCL IonX tidak dirancang dengan poni berjenis waterdrop (tetesan air) ataupun punch hole (layar berlubang).

Layar perangkat masih dihiasi oleh bezel yang cukup tebal di sisi atas dan bawahnya. Spesifikasi layarnya sendiri berdiagonal 6 inci, menawarkan resolusi HD Plus (1.440x720 piksel), dan rasio screen-to-body mencapai 85 persen.

Baca juga: Kenapa HP Sekarang Banyak yang Pakai Baterai Tanam?

Sementara itu, konfigurasi kameranya terdiri dari satu kamera belakang beresolusi 13 megapiksel dan kamera depan (selfie) 5 MP. Kamera tersebut dapat merekam video dengan resolusi 1.080 piksel dengan frame rate 30 FPS (frame per second).

Untuk menunjang performanya, perangkat diotaki oleh chipset besutan MediaTek, Helio G25. Chipset tersebut dipadankan dengan RAM 3 GB dan media penyimpanan (storage) seluas 32 GB.

Bila dirasa kurang, perluasan storage bisa dilakukan hingga 512 GB melalui slot microSD yang tersedia.

Sistem operasi TCL IonX adalah Android 12. Fitur pendukung lainnya adalah perangkat mengandalkan sistem keamanan perangkat menggunakan teknologi pemindai wajah (face unlock).

TCL IonX menggunakan slot USB-C untuk pengisian daya/transfer data, colokan jack audio 3,5 mm, koneksi jaringan 4G, dan Bluetooth 5.1.

Perangkat ini sudah dapat dibeli Amerika Serikat dengan satu varian warna, yakni Hitam. Banderol harga perangkatnya senilai 119 dollar AS atau setara dengan Rp 1,78 juta (kurs Rp 14.971).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com