Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pakai Multi-Screen Connect di Oppo Pad Air, Bisa Tampilkan Layar HP di Tablet

Kompas.com - 30/01/2023, 16:06 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tablet Android terbaru Oppo di Indonesia, yaitu Oppo Pad Air hadir dengan beragam fitur yang diklaim bisa meningkatkan produktivitas pengguna. 

Salah satu fitur tersebut adalah Multi-Screen Connect. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghubungkan smartphone Oppo dengan tablet Oppo Pad Air tanpa melalui kabel (wireless). 

Ketika sudah terhubung, pengguna akan bisa melihat tampilan layar ponsel mereka secara langsung melalui tablet, tentunya tanpa harus membuka ponsel tersebut.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan atau menjalankan beragam fungsi ponsel dari tablet seperti menerima notifikasi, transfer file, menyalin atau menempel teks dari ponsel ke tablet atau sebaliknya, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harga Stylus dan Smart Keyboard Oppo Pad Air

Nah, sebelum menggunakan fitur ini, ada beberapa hal yang harus pengguna catat. Pertama-tama, ponsel Oppo yang hendak dihubungkan tersambung dengan satu jaringan internet atau Wi-Fi yang sama dengan Oppo Pad Air. 

Pastikan juga jaringan WiFi tersebut sudah memiliki teknologi 5 GHz, bukan teknologi standar 2,4 GHz. Pasalnya, teknologi 5 GHz bisa mempercepat proses koneksi antar perangkat.

Lalu, pastikan juga perangkat pengguna merupakan ponsel Oppo yang sudah mendukung fitur Multi-Screen Connect. 

Saat ini, beberapa ponsel Oppo yang mendukung fitur tersebut mencakup Reno7 5G, Reno7 Z 5G, Reno7 5G, Reno8 5G, Reno8 Pro 5G, Find X2 Pro, Find X3 Pro, dan Find X5 Pro.

Ke depannya, pihak Oppo mengatakan bahwa mereka bakal menambah dukungan fitur ini ke sejumlah ponsel Oppo lainnya.

Tampilan fitur Multi-Screen Connect yang memungkinkan ponsel Oppo yang kompatibel untuk terhubung ke tablet Oppo Pad Air.oppo.com/id Tampilan fitur Multi-Screen Connect yang memungkinkan ponsel Oppo yang kompatibel untuk terhubung ke tablet Oppo Pad Air.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Oppo Pad Air di Indonesia

Adapun cara menggunakan fitur Multi-Screen Connect di Oppo Pad Air bisa disimak dalam langkah-langkah berikut ini.

Cara pakai fitur Multi-Screen di Oppo Pad Air

Cara mengaktifkan fitur Multi-Screen Connect di Oppo Pad Air. Langkah pertama harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu melalui tablet. Kompas.com/BILL CLINTEN Cara mengaktifkan fitur Multi-Screen Connect di Oppo Pad Air. Langkah pertama harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu melalui tablet.

  • Pertama-tama, buka bilah notifikasi dan pilih ikon "Multi-Screen Connect".
  • Lalu, klik tombol "Settings" di jendela pop-up yang tersedia. Jendela ini akan muncul apabila pengguna belum terhubung dengan jaringan Wi-Fi 5 GHz.
  • Selanjutnya, Oppo Pad Air akan menampilkan jendela pencarian untuk memindai perangkat Oppo terdekat yang mendukung fitur Multi-Screen Connect.
  • Ketika jendela ini sudah muncul, pindah ke ponsel Oppo Anda dan aktifkan ikon "Multi-Screen Connect" melalui bilah notifikasi. 

Cara menggunakan fitur Multi-Screen Connect di Oppo Pad Air. Langkah kedua adalah mengaktifkan fitur Multi-Screen Connect di ponsel Oppo yang hendak dihubungkan dengan tablet.Kompas.com/BILL CLINTEN Cara menggunakan fitur Multi-Screen Connect di Oppo Pad Air. Langkah kedua adalah mengaktifkan fitur Multi-Screen Connect di ponsel Oppo yang hendak dihubungkan dengan tablet.

  • Beberapa saat kemudian, akan muncul jendela konfirmasi untuk menghubungkan ponsel dengan Oppo Pad Air. Di sini, klik tombol "Connect".
  • Kemudian, pindah kembali ke tablet Anda dan klik tombol "Allow" di jendela konfirmasi yang dimunculkan. Jendela ini juga bakal menampilkan ponsel Oppo apa yang hendak terhubung dengan tablet. 
  • Terakhir, kembali ke ponsel dan klik tombol "Start now" untuk mulai menampilkan layar ponsel di layar tablet Oppo Pad Air.

Tampilan Multi-Screen Connect yang sudah aktif di Oppo Pad Air.Kompas.com/BILL CLINTEN Tampilan Multi-Screen Connect yang sudah aktif di Oppo Pad Air.

Jika seluruh langkah di atas sudah diikuti, tampilan tablet Oppo Pad Air Anda kurang lebih akan terlihat seperti gambar di atas. 

Di tampilan ini, Anda seakan memiliki dua layar di dalam satu layar tablet, di mana layar "melayang" yang lebih kecil bisa Anda operasikan layaknya sebagai layar ponsel kedua.

Adapun beragam hal yang bisa dilakukan di layar kecil ini mencakup sebagian besa fungsi ponsel seperti membuka WhatsApp, e-mail, SMS, notifikasi, daftar telepon, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 4 Fitur Unggulan Oppo Pad Air yang Dijual Harga Rp 4 Juta di Indonesia

Tertarik menjajal fitur Multi-Screen Connect di Oppo Pad Air? Anda tentunya bisa membeli tablet ini terlebih dahulu. Di Indonesia, Oppo Pad Air sudah bisa didapatkan di sejumlah toko resmi Oppo dengan harga Rp 4 juta (4 GB/64 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com