Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Music Rilis "Replay 2023" untuk Pantau Daftar Lagu Favorit Pengguna

Kompas.com - 02/02/2023, 08:03 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan streaming Apple Music merilis "Replay 2023”. Fitur ini memungkinkan pelanggan layanan tersebut mengetahui musik apa saja yang paling sering didengar sepanjang tahun.

Replay 2023 nantinya akan memperlihatkan daftar 100 musik dan artis favorit pengguna. Peringkat ini dihitung berdasarkan seberapa sering pengguna mendengarkan lagu tersebut.

Replay 2023 kali ini membawa pembaruan yang cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya Apple Music merilis Replay setiap akhir tahun.

Baca juga: Apple Rilis iOS 16.2, Ada Mode Karaoke di Apple Music

Apple Music Replay 2023 kali ini memungkinkan penggunanya mengetahui perkembangan dari musik yang didengar selama satu tahun penuh.

Tampilannya akan sama seperti playlist pada umumnya, tetapi musik yang didengar bakal langsung diberi perangkat secara real time.

Dilansir KompasTekno dari Trusted Reviews, Kamis (2/2/2023), daftar lagu tersebut bakal terus diperbarui sesuai kebiasaan mendengarkan musik pengguna.

Sebagai ilustrasi, selama dua minggu belakangan, lagu yang paling sering di dengar adalah lagu “golden hour - JVKE”, maka lagu tersebut berpotensi masuk peringkat teratas. Namun, bila selama beberapa waktu depan, musik yang disuka berubah menjadi “Kill Bill - SZA”, peringkat tersebut pun akan berubah.

Tampilan playlist Replay 2023 di Apple MusicThe Verge Tampilan playlist Replay 2023 di Apple Music

Akan tetapi, saat memasuki akhir tahun 2023, yakni bulan Desember 2023, daftar musik top 100 di “Replay 2023” tidak akan mengalami perubahan lagi. Playlist tersebut akan menunjukkan hasil akhir dari 100 musik yang paling banyak diputar sepanjang tahun 2023.

Baca juga: Tanda-tanda Toko Fisik Apple Store Segera Hadir di Malaysia

Replay 2023 di Apple Music ini bisa diakses melalui laman music.apple.com. Di laman tersebut, pengguna bisa memantau siapa saja penyanyi, genre musik yang sering diputar, berapa lama waktu mendengarkan musik, dan sebagainya.

Pengguna juga dapat mengakses daftar musik mereka beberapa tahun sebelumnya, bahkan hingga tahun 2015, saat pertama kali Apple meluncurkan Apple Music.

Untuk melihat Replay 2023, pelanggan bisa membuka Apple Music dan masuk ke halaman “Listen Now”. Cara lainnya dengan mengunjungi website Apple Music untuk melihat daftar putar Replay 2023.

Tentu saja untuk melihat daftar ini, Anda harus berlangganan Apple Music sebesar Rp 55.000 per bulan.

Bagi pengguna baru, Anda berkesempatan untuk mengakses layanan secara gratis selama sebulan (30 hari). Tetapi, setelah layanan gratis habis, Anda harus melakukan pembayaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com