Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iPad Lipat pada 2024?

Kompas.com - 02/02/2023, 16:03 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Meski tren perangkat layar lipat sudah booming beberapa tahun belakangan, Apple diprediksi baru akan merilis perangkat layar lipat pertamanya pada 2024 mendatang. Perangkat tersebut konon adalah iPad terbaru.

Prediksi ini diungkapkan oleh analis dari TF Securities, Ming-Chi Kuo. Ia kerap memberi prediksi dan bocoran produk-produk Apple dengan akurat.

Bocoran tersebut ia tulis di akun Twitter dengan handle @mingchikuo dalam bentuk thread. Dalam twitnya, Kuo mengungkapkan bahwa Apple tidak akan meluncurkan iPad terbaru selama 9 hingga 12 bulan ke depan.

Baca juga: Apple Naikkan Harga Ganti Baterai iPhone, iPad, dan MacBook

iPad teranyar baru akan dirilis pada 2024 yang diyakini merupakan iPad Mini generasi berikutnya. Proses produksinya disebut baru akan berjalan pada kuartal-I 2024 atau awal tahun 2024.

Bersamaan dengan peluncuran iPad Mini tersebut, menurut Kuo, Apple akan memperkenalkan iPad layar lipat pertamanya.

Kuo menyebutkan bahwa produsen komponen asal China, Anjie Technology bakal menjadi pemasok untuk iPad lipat yang baru di 2024 nanti. Perusahaan tersebut disinyalir akan merancang penyangga berbahan carbon fiber (serat karbon) untuk iPad model lipat.

“Anjie Technology sebagai pemasok dari penyangga berbahan serat karbon untuk perangkat iPad lipat diharapkan dapat terus meraup keuntungan dati tren perangkat lipat yang terus berkembang, (yang mana) perangkat juga akan dibekali penyangga di masa mendatang,” tulis Kuo.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (1/2/2023), kata “penyangga” di sana tampaknya merujuk pada kasing perangkat yang dirancang khusus sebagai penyangga iPad lipat. Artinya, perangkat kemungkinan dapat berdiri sendiri tanpa harus dipegang.

Belum diketahui lebih lanjut bagaimana detail dari desain lipat tersebut, apakah bentuk lipatannya akan seperti clamsell (lipatan vertikal) atau lipatan horizontal, seperti membuka buku (kanan ke kiri, atau sebaliknya).

Kendati demikian, rumor mengenai perangkat lipat bikinan Apple ini sudah mulai terendus sejak beberapa tahun lalu. Pada tahun 2020, Apple dilaporkan telah mematenkan perangkat lipat yang mirip perangkat iPad. Mekanisme model lipat yang diusung seperti menutup buku, lipatan horizontal.

Baca juga: Apple Bakal Rilis iPad Mini Baru Tahun Depan?

Mengacu paten Apple yang diajukan sejak Februari 2020 itu, desain perangkat lipat terbaru Apple ini terdiri dari dua layar utama yang terpisah, disatukan menggunakan engsel internal. Konsep ini disebut-sebut mirip dengan perangkat Microsoft Surface Neo.

Pada 2022 lalu Apple juga dilaporkan tengah mengembangkan panel OLED baru yang tidak menggunakan lapisan polarizer. Layar ini konon disiapkan untuk perangkat lipat buatan Apple.

Kemunculan prediksi dari Kuo yang disertai sejumlah rumor dari beberapa tahun lalu, mengindikasikan bahwa Apple tampaknya benar-benar serius mengembangkan perangkat lipat pertamanya.

Perangkat lipat pertama Apple tersebut konon dirilis untuk menghadapi prediksi penurunan permintaan tablet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com