Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Digoreng di Minyak Mendidih, Diangkat Tetap Nyala

Kompas.com - Diperbarui 04/02/2023, 07:34 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini muncul video viral di TikTok yang berisi iPhone yang dicemplungkan ke minyak mendidih di penggorengan.

Video tersebut membuat sejumlah pengguna terkejut dan mempertanyakan “apakah selain debu dan air, iPhone benar-benar bisa tahan dari minyak panas?”.

Video iPhone yang digoreng di minyak mendidih diunggah oleh pengguna TikTok asal Malaysia dengan handle @zalem_ainn. Saat itu, dirinya sedang membuat konten mengenai ayam goreng.

Dalam videonya, terdapat penjelasan bagaimana seharusnya menggoreng ayam deep fried dan kapan waktu yang tepat untuk mengangkat ayam dari minyak panas.

Baca juga: Boeing Tertarik Pakai Minyak Jelantah Indonesia untuk Bahan Bakar Pesawat

Saat sang koki menjelaskan soal minyak di penggorengan, kreator TikTok itu mencoba merekam panci penggorengan dari jarak dekat. Namun, tidak disangka-sangka, saat mendekatkan ponsel ke panci, iPhone miliknya malah “nyemplung” ke dalam minyak penggorengan.

@zaiem_ainn peminat iphone tolong hadir#fyp #fyp??viral #iphone ? original sound - Abey Ayam King's Paya Keladi

Menariknya, saat terjatuh, iPhone tidak mati dan masih merekam. Video tersebut menampilkan gambar yang cukup gelap berwarna kecokelatan, merujuk pada warna minyak, disertai suara letupan dari didihan minyak.

Setelah kurang lebih 12 detik tercemplung, iPhone tersebut baru diangkat. Hanya saja, ketika memindahkan ponsel dari panci ke tempat lain, kamera depan perangkat tampak buram (mungkin efek karena terkena minyak), tetapi suara kebisingan dari lingkungan sekitar masih terdengar cukup jelas.

Lalu, video tersebut terpotong dan pindah transisi ke wajah sang kreator. Di video tersebut, kreator dan salah seorang temannya tampak sedang mengecek apakah iPhone miliknya baik-baik saja atau tidak.

Secara visual, gambar dari kamera depan tampak masih jelas, perangkat pun masih dapat merekam suara dengan baik, seperti tidak terjadi apa-apa. Menanggapi hal tersebut, kolom komentar dipenuhi dengan kekaguman pengguna karena ternyata iPhone dapat tahan minyak.

Dalam kesempatan yang lain, kreator bernama “zalem_ainn” mengungkapkan bahwa perangkat yang ia gunakan adalah iPhone 13 Pro. Ia juga memperlihatkan keseluruhan bodi dan mengatakan tidak ada masalah sama sekali.

Baca juga: Pahami 5 Risiko Menggunakan iPhone Jailbreak

Walau begitu, ia sempat mengatakan bahwa speaker ponselnya sedikit mengeluarkan bunyi. Lalu, kreator tersebut menguji speaker iPhone 13 Pro dengan memutar salah satu lagu di YouTube. Namun, secara keseluruhan, speaker perangkat terdengar masih memiliki performa yang cukup baik.

Video viral tersebut bisa jadi salah satu indikasi bahwa perangkat iPhone memiliki ketahanan yang cukup tinggi. iPhone masih memungkinkan pengguna melakukan perekaman, walau sudah tercemplung dengan minyak mendidih.

Dilansir KompasTekno dari Apple Insider, Jumat (3/1/2023), umumnya iPhone hanya mengantongi sertifikasi IP68, artinya sudah tahan debu dan air untuk kedalaman 1,5 meter dalam kurun waktu 30 menit.

Kode IP sendiri sebenarnya memiliki huruf tambahan, menyesuaikan kekuatan dan daya tahan perangkat. Salah satunya huruf “F”, yaitu tahan minyak. Akan tetapi, iPhone tidak mengantongi sertifikasi tersebut. Hal tersebutlah yang masih menjadi tanda tanya bagi sejumlah orang.

Kendati demikian, praktik menguji coba ketahanan iPhone, seperti mencemplungkan ke minyak panas tidak direkomendasi. Sebab, minyak mendidih mempunyai suhu sekitar 200 derajat celsius, jauh melewati batas suhu yang direkomendasikan Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com